Tampil 6 dari 17

PULAU NIAS

Nias adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatera dan berada di samudra Hindia. Pulau ini mempunyai luas wilayah 5.625 kilometer persegi dan berpenduduk sekitar 750.000 jiwa. Mayoritas penduduk di pulau ini adalah suku Nias ( Ono Niha ) yang masih mempunyai budaya megalitik. Daerah ini merupakan salah satu kawasan wisata budaya di Indonesia.

Di Pulau Nias terdapat sebuah tradisi yang terkenal di Indonesia, yaitu tradisi Lompat Batu. Tradisi yang berasal dari Suku Nias ini memang unik. Lompat Batu atau masyarakat setempat menyebutnya dengan nama ‘ Fahombo Batu ‘ sudah menjadi ciri khas masyarakat Nias. Tradisi melompati batu yang disusun setinggi 2 meter dan tebal 40 centimeter ini hanya dilakukan oleh kaum lelaki.

Tidak hanya tradisi unik disana yang menarik. Di Pulau Nias ini juga banyak tempat-tempat wisata yang indah, diantaranya adalah Pantai Laowomaru, Pantai Muara Indah, Pantai Carlita, Pantai Bunda, Gua Laowomaru, Air Terjun On...

AIR TERJUN LAE UNE

Air Terjun Lae Une merupakan salah satu objek wisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini terletak di Desa Kecupak, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki panjang kurang lebih 10 meter dan mempunyai kedalaman sekitar 15 meter. dibawah air terjun ini terdapat sebuah sampuren ( penampungan ) air terjun dengan luas 160 m2.

Air terjun ini saat ini memang masih dalam tahap pengembangan, jadi akses dan fasilitasnya masih terbatas dan belum memadai. Hanya beberapa fasilitas yang ada seperti shelter, gazebo dan kamar mandi, itu pun dibangun dengan sederhana. Walaupun begitu, objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang masih terjaga, kebersihan lingkungan dan udara yang sejuk.

Beberapa kegiatan bisa dilakukan di objek wisata ini, seperti main air, memotret, duduk-duduk di gazebo sambil menikmati pemandangan alam dan berjalan-jalan disekitar air terjun.

Untuk menuju lokasi obj...

AIR TERJUN SIMBILULU

Kabupaten Pakpak Bharat adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi  Sumatera Utara. Kabupaten Pakpak Bharat ini berbatasan dengan 4 kabupaten, yaitu di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Humbang Hasundutan, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Aceh Singkil, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Samosir dan di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Dairi.

Kabupaten Pakpak Bharat ini mempunyai beberapa objek wisata yang masih terjaga kealamiannya, salah satunya adalah Air Terjun Simbilulu. Air Terjun Simbilulu berlokasi di Desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter dengan kedalaman kolam sekitar 5 meter dan luasnya 60 meter persegi.

Beberapa fasilitas sudah terdapat di objek wisata ini, seperti gazebo, toilet umum dan tempat parkir yang cukup luas. Di objek wisata ini para wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan alam sekitar air terjun ...

DANAU TOBA

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Luasnya mencapai sekitar 100 km x 30 km dan ditengah-tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau yang dinamakan Pulau Samosir. Menurut sebuah penelitian danau ini terbentuk dari sebuah letusan besar yang terjadi puluhan ribu tahun yang lalu. Akibat letusan ini muncullah sebuah kawah yang lama kelamaan terisi dengan air dan pada akhirnya menjadi sebuah danau. Danau tersebut yang sekarang kita kenal sebagai Danau Toba.

Danau Toba terletak di provinsi Sumatra Utara dan berada di 3 kabupaten sekaligus. Yaitu kabupaten Simalungun, Parapat dan Ambarika. Mayoritas penduduk yang tinggal disana adalah suku Batak. Dengan keindahan alamnya tidak mengherankan kalau danau ini menjadi objek wisata favorit para turis asing maupun domestik.

Jika anda ingin berkunjung di danau ini, jangan khawatir masalah fasilitas. Di objek wisata Danau Toba ini banyak penginapan yang tersedia, dari penginapan kelas melati sam...

DANAU NAPANGGA

Danau Napangga merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Sumatera Utara. Danau yang mempunyai luas kurang lebih 500 hektar ini terletak di Kecamatan Tanah Putih, 70 kilometer dari Ujung Tanjung, tepatnya di hulu Sungai Batang Kumuh, Kabupaten Rokan Hulu.

Keadaan alamnya yang masih terjaga, udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang menakjubkan menjadikan objek wisata ini sebagai tempat rekreasi favorit para wisatawan lokal. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di danau ini seperti sky air, menyelam, parasailing dan memancing. Tetapi kebanyakan dari para wisatawan biasanya lebih memilih untuk memancing sambil menikmati sejuknya udara di danau ini.

Danau ini memiliki keistimewaan lain selain keindahan pemandangan alamnya. Yaitu hidupnya spesies ikan Arwana Khayangan ( Sumatera ) yang langka dan berharga mahal.

Untuk menuju ke objek wisata ini cukup mudah dikarenakan fasilitas dan akses jalannya sudah bagus. Banyak terdapat warung makan, penginapan, toile...