Buat Perjalanan sesukamu, tentukan perjalanan secara private atau umum. Gunakan menu Cari Perjalanan untuk gabung ke perjalanan yang sudah ada.

BUAT DAN GABUNG PERJALANAN

Tanggal Jenis Jml Orang

Search Trips Existing

Tanggal Awal Tanggal Akhir

PROPINSI BENGKULU
WISATA MAKAM INGGRIS BENGKULU

Photo Oleh : Winny Marlina

Photo Oleh : Winny Marlina

Peninggalah Eropa di Indonesia memang cukup banyakm sejak Belanda menjajah negeri ini kurang lebih 350 tahun lamanya. Namun ternyata tidak hanya Belanda, Inggris pun pernah menginjakkan kaki di Indonesia kurang lebih 140 tahun lamanya banyak orang-orang inggris yang pernah tinggal di Indonesia khusunya di daerah Jitra Bengkulu. Beberapa diantaranya meninggal dunia dikarenakan penyakit malaria dan disentri,  serta tewas dalam peperangan dan konflik oleh masyarakat Bengkulu waktu itu. Oleh karena itu di salah satu kawasan Jitra Bengkulu terdapat pemakaman Inggris yang menjadi monumen dan dijadikan salah satu tempat wisata sekarang.

Monument Inggris ini merupakan monumen peringatan yang di bangun oleh Inggris di jamannya yang terdiri dari beberapa makan atau kuburan yang sekarang di jadikan kawasan wisata. Masyarakat Bengkulu menyebutnya dengan istilah Kuburan Bulek atau Makam Bulat. Monumen makan Inggris ini sebenarnya dibuat untuk mengenang peristiwa Pembunuhan Thomas Parr yang saat itu terjadi perselisihan dengan para pribumi.

Traveller yang berkunjung ke Makan Inggris ini akan melihat suasana Makamnya seperti di Inggris, karena dari nisan, batu dan model makammnya memang seperti Britis Cemitary. Makam ini adalah salah satu bukti bahwa Inggris pernah menduduki Indonesia khususnya Bengkulu hingga akhir tahun 1824 yang tepatnya terletak di kawasan Jl Veteran Kota Bengkulu.

Meskipun kondisinya sebenarnya kurang terawat, seperti tertutup rumput, namun makan ini tetap menjadi tujuan wisata sejarah bagi traveller yang sedang berada di Bengkulu. Pemakaman ini dulunya terdiri dari 1000 makam, dan kini hanya tersisa 53 makan yang masih bisa terlihat.

Ada keunikan tersendiri dari makam Inggris ini, traveller bisa melihat antara satu batu Nissan dengan lainnya tidak sama, baik besaran hingga bentuknya. Umur makamnya pun mulai dari tertua sekitar 1775 hingga 1858 juga masih ada disini, hal ini dibuktikan adanya tulisan di batu Nissan dari setiap makam tersebut.

LIHAT WISATA PROPINSI BENGKULU