Buat Perjalanan sesukamu, tentukan perjalanan secara private atau umum. Gunakan menu Cari Perjalanan untuk gabung ke perjalanan yang sudah ada.

BUAT DAN GABUNG PERJALANAN

Tanggal Jenis Jml Orang

Search Trips Existing

Tanggal Awal Tanggal Akhir

PROPINSI BENGKULU
WISATA MONUMEN PARR

Foto Oleh : Indonesia.Travel

Monumen Parr atau disebut dengan Tugu Thomas Parr merupakan sebuah monument yang di anggap sebagai cagar budaya yang terletak di Bengkulu. Monumen ini adalah sebuah Monumen yang di dedikasikan untuk Thomas Parr, seorang warga Inggris di Bengkulu yang terbunuh di tahun 1807.

Terletak di Jalan Ahmad Yani, atau tepatnya di Subdistrik Kampung Cina Bengkulu. Tugu Thomas Parr ini cukup mudah di akses oleh para traveller yang menyukai wisata sejarah. Lokasinya yang mudah di akses dan hanya berjarak 170 meter dari Benteng Marlborough yang pernah menjadi bekas benteng pertahanan Inggris tersebut.

Tugu yang berbentuk octagonal dengan luas sekitar 70 meter persegi tersebut mempunyai tinggi 13,5 meter dengan bentuk kubah di atasnya, dan masyarakat sekitar menyebutnya Kuburan Bulek.

Bagi rakyat Bengkulu, Keistimewaan Monumen Parr terdiri dari dua sisi, pertama dari sisi bangunannya dan dari sisi sejarahnya. Traveller yang mengunjungi Monumen Parr akan melihat keunikan bangunan dari Monumen Parr yang cukup mempunyai nilai artistik. Berbentuk segi delapan, bangunan ini berdiri diatas tiang-tiang kokoh. Pada dinding ruang didalam monument tersebut juga terdapat sebuah prasasti.

Selain prasasti, sebenarnya didalam Monumen Parr ini juga terdapat beberapa tulisan dari batu nisan, seperti tulisan Resident Thomas Parr dan Sekretarisnya Charless Murray.Namun karena pertimbangan keamanan waktu itu, Inskripsi tersebut dipindahkan ke dalam Benteng Marlborough.

Sejarah dari Monumen Parr ini untuk mengenang Thomas Parr, yang waktu itu telah terbunuh oleh masyarakat Bugis yang bekerja sebagai anggota keamanan perusahaan dagang Inggris.  Thomas yang terkenal angkuh dan tegas berusaha mengurangi peran orang Bugis sebagai bagian dari perusahaan dagang tersebut. Merasa tidak puas akhirnya Thomas Parr di bunuh kemudian di penggal kepalanya.

Saat ini Monumen Parr telah dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi para traveller yang sedang berada di bengkulu. Bangunan yang sudah berdiri lebih dari dua abad ini oleh pemerintah setempat di jadikan sebagai cagar budaya. Meskipun merupakan bangunan Inggris, akan tetapi Monumen Parr ini merupakan contoh nyata kenangan pahit dan kemenangan nyata masyaratkat Bengkulu waktu itu.

LIHAT WISATA PROPINSI BENGKULU