Tampil 6 dari 26

PANTAI SENGGIGI

Pantai Senggigi adalah salah satu pantai yang terkenal di Indonesia. Terletak sekitar 10 kilometer sebelah barat laut Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat ( NTB ). Pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang putih, air lautnya yang biru bergradasi hijau dan suasananya yang hening, sehingga cocok untuk menghilangkan kejenuhan selama kita melakukan rutinitas setiap hari.

Pantai Senggigi merupakan tempat favoritnya para turis mancanegara. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu dengan berjemur, santai dan berenang. Yang membuat pantai ini jadi special adalah garis pantai senggigi cukup panjang dan pasir pantai yang bergradasi putih dan hitam. Ditambah lagi air lautnya yang bersih, ombaknya yang tenang dan juga banyaknya terumbu karang yang masih terawat, menjadikan pantai ini cocok untuk  tempat snorkelin...

HUTAN WISATA SESAOT

Bagi jiwa-jiwa petualang, berkunjung ke kawasan hutan adalah hal yang sudah biasa, terlebih di wilayah Jawa dan Sumatera. Namun di Lombok, terdapat salah satu kawasan hutan lindung yang mulai di liirik para traveller. Pepohonan yang menjulang tinggi, udara yang sejuk, serta aliran sungai yang sangat dingin berada di tengah hutan membuat suasana hutan Wisata Sesaot semakin di gemari oleh para traveller yang ingin berkunjung.

Sungai tersebut cukup unik, karena berasal dari Gunung Rinjadi dan mengalir deras di sela-sela bebatuan. Penduduk setempat member nama sungai tersebut ‘Aiq Nyet’ yang artinya dingin seperti es batu. Uniknya lagi, dititik tertentu, aliran sungai tersebut berasal dari mata air yang muncul dari akar pohon. Dari akar pohon tersebut, di k...

KOTA TUA AMPENAN

Jika di Semarang dan Jakarta ada kota tua dan lama, di Lombok, Mataram juga menyimpan sebuah wilayah yang bersisi cerita-cerita masa lalu. Kota ini berisi bangunan-bangunan peninggalan masyarakat lokal yang sangat artistik dan bangunan penuh dengan warna.

Kota Ampenan sendiri menurut sejarahnya merupakan peninggalan harta benda penduduk Tionghoa yang telah merantau ke kota-kota besar akibat penjajahan dan kolonialisme belanda waktu itu. Pada waktu itu kota ini dihuni oleh warga Tionghoa yang akhirnya merantau ke kota-kota besar di Indonesia dengan meninggalkan harga benda tersebut.

Kota yang pernah dibangun tahun 1924 oleh Belanda, memang sengaja di bangun oleh pemerintah kolonial untuk mengimbangi kerajaan-kerajaan yan...

PURA TAMAN MAYURA

Lombok terkenal akan sebutan Pulau Seribu Masjid. Banyak sekali masjid yang dijadikan beberapa tempat wisata. Namun siapa sangka jika di Lombok juga mempunya beberapa pura peninggalan kerajaan Bali yang harus traveller ketahui dan sebenarnya cukup terkenal. Salah satunya adalah Taman Mayura Lombok.

Pura Mayura Lombok merupakan pura yang pernah di bangun pada tahun 1744 oleh seorang raja bernama AA Ngurah Karangasem dimana saat itu Kerajaan Bali masih berkuasa di Pulau Lombok. Konon lokasi ini merupakan sebuah aliran air yang jatuh ke kolam dengan nama asli Taman Kelepug.

Nama Mayira sendiri sebenarnya di ambil dari bahasa Sansekerta yang berarti burung merak. Konon sebelum di bangun oleh raja Ngurah Karangasem, taman ini te...

TAMAN NARMADA

Selain keindahan Alam dan Pantainya, ditengah Lombok juga terdapat taman yang menyerupai dari Gunung Rinjani. Taman ini disebut dengan Taman Narmada. Taman Narmada sendiri merupakan hasil karya Anak Agung Ngurah-Ngurah Karangasem. Taman ini tepatnya terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat NTB.

Taman Narmada salah satu destinasi yang dikagumi oleh para traveller yang berkunjung ke Lombok, khususnya domestic . Nama taman ini berasal dari salah satu sungai suci yang berada di India, yaitu sungai Narmanadi. Taman ini juga merupakan replika dari gunung Rinjani dan danau Segara Anak yang berada di atas puncak Rinjani.

Perlu traveller ketahui, bahwa taman yang mempunyai luas sekitar tiga hektar ini merupa...

AIR TERJUN GILE TIU

Lombok memang di kenal akan Gilinya, namun siapa tahu jika Lombok juga mempunyai dua air terjun yang airnya mengalir membentuk satu aliran. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile, atau sering disebut Air Terjun Gile Tiu.

Untuk menuju kedua air terjun ini, traveller bisa melaluinya dengan dua cara, yaitu melalui jalur pesisir barat maupun jalur lendang bajur. Jika melalui pesisir barat, bisa melalui kawasan pantai Senggigi lalu melewati Bukit Malimbu dengan waktu dua jam perjalanan. Namun jika melalui jalur Lendang Bajur, traveller bisa menggunakan jasa angkutan umum dan melewati hutan Baun Pusuk selama 2,5 jam perjalanan menuju Desa Senaru. Desa Senaru inilah yang merupakan trek pendakian menuju Gunung Rinjani, daerah ini me...