Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

ALUN ALUN KIDUL JOGJA

Daerah Istimewa Yogyakarta 2017-06-20 02:42:33

Didalam dalam arsitektur rumah Jawa dikenal dengan empat elemen atau catur gatra yang bisa dilihat didalam rumah-rumah berbentuk joglo, seperti halnya keraton keraton yang berada di Yogyakarta maupun Surakarta. Catur Gatra tersebut diantaranya adalah alun-alun. Yogyakarta sendiri memiliki dua alun-alun yaitu alun-alun lor dan alun-alun kidul.

Alun-alun kidul Yogyakarta sendiri selain sebagai salah satu tempat yang disakralkan bagi Keraton Yogyakarta merupakan tempat destinasi wisata yang didalamnya biasa digunakan para wisatawan dan traveller untuk liburan. Terletak di belakang keraton Yogyakarta, alun – alun kidul atau yang disebut dengan Alkid terletak segaris dengan garis imaginer yang menghubungkan antara Gunung Merapi, Keraton dan Parangtritis yang melewati dua pohon beringin yang juga mempunyai kekuatan mistis.

Bagi traveller yang berkunjung ke Yogyakarta, alun-alun kidul merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi khususnya di kota Jogja. Beberapa hiburan bisa dinikmati baik oleh wisatawan lokal maupun asing. Di pagi hari alkid atau sebutan dari alun-alun kidul bisa digunakan  sebagai tempat olahraga, seperti jalan-jalan, bersepeda santai, senam dan beberapa lomba lainnya.

Dikala senja alkid dikunjungi oleh muda mudi para pelajar yang juga sedang kuliah di Jogja. Disinilah traveller bisa menikmati santai di sore hari, santai di warung lesehan yang menjajakan makanan maupun tempat kuliner khas Jogja seperti angkringan.

Malam harinya traveller bisa menikmati berbagai macam kendaraan lampu hias yang menerangi dan mengelilingi setiap sudut alun-alun. Sepeda dengan bentuk bermacam-macam tersebut bisa disewa berdua hingga berempat untuk berkeliling alun-alun. Di waktu tertentu, Alkid juga sering di gunakan sebagai live performance, baik itu konser music maupu kesenian daerah yang bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan dan masyarakat sekitar yang berkunjung.

 

Tentunya di alkid ada salah satu aktifitas paling populer yang bisa dinikmati semua kalangan yaitu Laku Masangin. Masangin sendiri merupakan kegiatan berjalan dengan menutup mata dan melewati Beringin Kembar yang terletak ditengah-tengah alun-alun. Siapa saja yang bisa melewati antara Beringin kembar tersebut dengan mata tertutup menurut mitos seluruh permohonannya akan terkabul. Namun ada juga yang berhasil dan banyak juga yang tidak berhasil melewatinya. Rasa penasaran untuk melewati beringin kembar inilah yang membuat pengunjung ramai untuk melewatinya.

Foto Oleh : Putri Normal

 

LIHAT WISATA PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA KMP SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 15-18 AGUSTUS 2022

Price : IDR935.000
Rp.965.000
Participant : 4

PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA BAHARI EXPRESS-SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 24-27 SEPTEMBER 2022

Price : IDR980.000
Rp.1.010.000
Participant : 1

PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA BAHARI EXPRESS

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 26-29 AGUSTUS 2022

Price : IDR1.079.000
Rp.1.109.000
Participant : 2

Wisata Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta

KOTA YOGYAKARTA

Tampil 6 dari 8

PANTAI INDRAYANTI

Pantai Indrayanti berada di sebelah timur Pantai Sundak, tepatnya di Wonosari, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya sudah lama ada, tetapi baru terkenal  2-3 tahun belakangan ini. Pantai Indrayanti menyuguhkan pemandangan yang berbeda dibandingkan pantai-pantai lainnya di Yogyakarta. Keadaan pantainya yang landai, berpasir putih, berbukit karang serta air biru yang bening adalah sebagian gambaran yang membuat pantai ini tampak eksotis.

Pantai Indrayanti cukup bersih dan ombaknya tidak terlalu besar. Kita bisa bermain air, berenang di pinggir laut dan kita bisa bermain bola di tepi pantai. Fasilitas di kawasan Pantai Indrayanti ini cukup komplit. Restauran, toilet dan gazebo untuk beristirahat sudah ada di sekitaran pantai. Konon, nama dari Pantai Indrayanti ini diambil dari nama sebuah restoran y...

MUSEUM KERATON YOGYAKARTA

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu penginggalah sejarah kerajaan di tanah jawa. Traveller tentunya tau, bahwa selain keraton juga ada beberapa museum yang dimiliki oleh Keraton Yogyakarta ini. ada beberapa museum di antaranya adalah museum lukisan, museum kereta , museum batik dan museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Museum Keraton Yogyakarta berdiri di atas tanah seluas 14.000 m2, bangunan berarsitektur khas Jawa ini memiliki berbagai macam koleksi mulai dari peralatan rumah tangga, keris, tombak, wayang, gamelan, naskah kuno, foto dan lukisan diantaranya ada yang berusia sampai lebih dari 200 tahun.

Museum ini merupakan tempat penyimpanan benda-benda budaya bernilai, termasuk replikanya. Di kompleks Pagelaran, misalnya, diperagakan berbagai pakaian prajurit dan pakaian adat keluarga keraton. Museum ini dibuka untuk umum setiap hari kecuali pada saat terdapat upacara.

TAMAN SARI

Jogja atau Yogyakarta memang kota yang di kenal dengan kota dengan sejuta kenangan dan keindahaanya. Daerah Istimewa ini menyimpan banyak wisata sejarah yang sangat menarik untuk di gali lebih dalam. Pada saat hari libur, tak heran jika Jogja selalu di padati oleh para pengunjung baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Salah satu destinasi wisata yang bisa traveller kunjungi saat berada di Jogja adalah berkunjung ke Istana Air Taman Sari, disinilah sisa sisa peninggalan putrid putrid raja dari Kasultanan Yogyakarta berada.

Taman Sari terletak di Jl. Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan Yogyakarta. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi untuk para keluarga kerajaan. Selain menjadi tempat rekreasi, tempa ini juga merupakan benteng pertahanan yang sudah berdiri sejak dulu kala

Istana Air Taman Sari ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengk...

KOTA GEDE YOGYAKARTA

Traveller pernah mendengar kerajinan Perak? Perak merupakan salah satu hasil tambang bumi yang biasa di gunakan sebagai perhiasan dan kerajinan tangan lainnya. Jika traveller ingin melihat berbagai macam kerajinan tersebut, traveller bisa berkunjung ke salah satu kota yang istimewa dan penuh budaya di Indonesia, yaitu Yogyakarta atau lebih di kenal dengan Jogja.

Tepatnya di Kota Gede (salah satu wilayah di Jogja) merupakan penghasil kerajinan perak terbesar. Saat traveller menginjakkan kaki di kota Jogja, jangan lupa mampur ke Kotagede yang merupakan kecamatan di propinsi DIY. Kota gede dulunya merupakan kawasan rumah-rumah para bangsawan serta para pedagang yang berasal dari kerajaan. Namun sekarang menjadi pusat kerajinan perak terbesar di Ind...

MASJID BESAR KAUMAN

Sejarah kota Jogja memang tidak lepas dari sejarah Islam. Seperti salah satu peninggalan sejarah yang cukup di kenal oleh warga Yogyakarta, yaitu Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini di bangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I bersama dengan penghulu kraton pertama yaitu Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat. Masjid yang di arsiteki oleh Kyai Wiryokusumo ini sudah berusia berabad-abad. Tepatnya dibangun pada tahun 1773 Masehi.

Baca selengkapnya

BENTENG VREDENBURG

Jika berkunjung ke Jogja, khususnya Malioboro, traveller ketika berjalan menuju ke arah Keraton akan melewati sebuah bentengĀ  yang usianya lebih dari 2,5 abad dan masih berdiri kokoh di tengah kota Jogja. Benteng tersebut bernama Benteng Vredenburg. Vredenburg merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa traveller kunjungi untuk mengenal sejarah lebih dekat tentang perjuangan bangsa Indonesia melawan VOC.

Benteng yang berdiri sejak tahun 1760 tersebut merupakan pengaman Keraton Yogyakarta dan sekitarnya, meskipun tujuan sebenarnya adalah mengawasi Keraton Yogyakarta jika sang sultan menentang Belanda. Bahkan Lokasinya pun berada di jarak tembak meriam menuju keraton Yogyakarta. Sejak Indonesia merdeka Benteng Vredenburg berubah menjadi sebuah museum hingga sekarang dan sebagai salah satu destinasi wisata ketika berkunjun...

DAFTAR FOTO