Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

MASJID BESAR KAUMAN

Daerah Istimewa Yogyakarta 2017-08-28 02:19:48

Sejarah kota Jogja memang tidak lepas dari sejarah Islam. Seperti salah satu peninggalan sejarah yang cukup di kenal oleh warga Yogyakarta, yaitu Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini di bangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I bersama dengan penghulu kraton pertama yaitu Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat. Masjid yang di arsiteki oleh Kyai Wiryokusumo ini sudah berusia berabad-abad. Tepatnya dibangun pada tahun 1773 Masehi.

Untuk menuju lokasi Masjid Besar Kauman, traveller bisa beranjak menuju alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Masjid ini terletak di Kelurahan Ngupasan, Gondomanan Jogja. Jika traveller melewati Malioboro bisa langsung menuju ke lokasi RS PKU Muhammadiyah Jogja. Didekat wilayah tersebut terdapat gapura Kamuan, disitulah Masjid Besar Kauman berada.

Pertama kali menginjakkan kaki di kompleks Masjid Gedhe Kauman, traveller akan melihat konstruksi bangunan yang dikelilingi dinding yang cukup tinggi dengan serambi Masjid berbentuk limas seperti arsitektur jawa pada umumnya. traveller juga bisa melihat di sisi utara timur dan selatan serambi masjid terdapat kolam yang biasa digunakan untuk mencuci kaki jamaah yang hendak akan sholat di masjid.

Bagi traveller muslim khususnya, tentunya tidak lengkap jika bepergian ke Jogja tidak menyempatkan diri beribadah di Masjid Gedhe Kauman ini. Masjid yang terletak di kampung kauman ini sungguh sangat agamis di bandingkan kampung-kampung lainnya. Pada masanya di jaman mataram. Kauman merupakan suatu pusat ke agamaan dengan para anggotanya para abdi dalem kraton. Sekitar komplek masjid juga terdapat beberapa pondok pesantran yang sampai sekarang masih ada.

Masjid Gedhe Kauman yang mempunyai luas kurang lebih 16.000 meter persegi ini terdiri dari beberapa bangunan selain masjid. Bangunan selain masjid tersebut seperti Pagongan yang juga terletak gamelan di dalamnya. Terdapat juga Pengulon atau rumah para ulama serta imam. Masjid yang ruangannya di sangga dengan 36 tiang ini hampir keseluruhan bahan baku kayunya terbuat dari kayu jati jawa tanpa sambungan. Bisa bayangkan kan, betapa hebatnya orang-orang jaman kerajaan ketika membangun Masjid Gedhe Kauman.

LIHAT WISATA PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Wisata Terkait

PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA KMP SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 14-17 NOPEMBER 2020

Price : IDR848.000
Rp.878.000
Participant : 2

SAILING KOMODO EKSKLUSIF 4 HARI 3 MALAM

KOMODO 4 HARI 3 MALAM 29 OKTOBER-01 NOPEMBER 2020

Price : IDR3.250.000
Rp.3.550.000
Participant : 2

Wisata Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta

KOTA YOGYAKARTA

Tampil 6 dari 8

PANTAI INDRAYANTI

Pantai Indrayanti berada di sebelah timur Pantai Sundak, tepatnya di Wonosari, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya sudah lama ada, tetapi baru terkenal  2-3 tahun belakangan ini. Pantai Indrayanti menyuguhkan pemandangan yang berbeda dibandingkan pantai-pantai lainnya di Yogyakarta. Keadaan pantainya yang landai, berpasir putih, berbukit karang serta air biru yang bening adalah sebagian gambaran yang membuat pantai ini tampak eksotis.

Pantai Indrayanti cukup bersih dan ombaknya tidak terlalu besar. Kita bisa bermain air, berenang di pinggir laut dan kita bisa bermain bola di tepi pantai. Fasilitas di kawasan Pantai Indrayanti ini cukup komplit. Restauran, toilet dan gazebo untuk beristirahat sudah ada di sekitaran pantai. Konon, nama dari Pantai Indrayanti ini diambil dari nama sebuah restoran y...

MUSEUM KERATON YOGYAKARTA

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu penginggalah sejarah kerajaan di tanah jawa. Traveller tentunya tau, bahwa selain keraton juga ada beberapa museum yang dimiliki oleh Keraton Yogyakarta ini. ada beberapa museum di antaranya adalah museum lukisan, museum kereta , museum batik dan museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Museum Keraton Yogyakarta berdiri di atas tanah seluas 14.000 m2, bangunan berarsitektur khas Jawa ini memiliki berbagai macam koleksi mulai dari peralatan rumah tangga, keris, tombak, wayang, gamelan, naskah kuno, foto dan lukisan diantaranya ada yang berusia sampai lebih dari 200 tahun.

Museum ini merupakan tempat penyimpanan benda-benda budaya bernilai, termasuk replikanya. Di kompleks Pagelaran, misalnya, diperagakan berbagai pakaian prajurit dan pakaian adat keluarga keraton. Museum ini dibuka untuk umum setiap hari kecuali pada saat terdapat upacara.

TAMAN SARI

Jogja atau Yogyakarta memang kota yang di kenal dengan kota dengan sejuta kenangan dan keindahaanya. Daerah Istimewa ini menyimpan banyak wisata sejarah yang sangat menarik untuk di gali lebih dalam. Pada saat hari libur, tak heran jika Jogja selalu di padati oleh para pengunjung baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Salah satu destinasi wisata yang bisa traveller kunjungi saat berada di Jogja adalah berkunjung ke Istana Air Taman Sari, disinilah sisa sisa peninggalan putrid putrid raja dari Kasultanan Yogyakarta berada.

Taman Sari terletak di Jl. Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan Yogyakarta. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi untuk para keluarga kerajaan. Selain menjadi tempat rekreasi, tempa ini juga merupakan benteng pertahanan yang sudah berdiri sejak dulu kala

Istana Air Taman Sari ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengk...

KOTA GEDE YOGYAKARTA

Traveller pernah mendengar kerajinan Perak? Perak merupakan salah satu hasil tambang bumi yang biasa di gunakan sebagai perhiasan dan kerajinan tangan lainnya. Jika traveller ingin melihat berbagai macam kerajinan tersebut, traveller bisa berkunjung ke salah satu kota yang istimewa dan penuh budaya di Indonesia, yaitu Yogyakarta atau lebih di kenal dengan Jogja.

Tepatnya di Kota Gede (salah satu wilayah di Jogja) merupakan penghasil kerajinan perak terbesar. Saat traveller menginjakkan kaki di kota Jogja, jangan lupa mampur ke Kotagede yang merupakan kecamatan di propinsi DIY. Kota gede dulunya merupakan kawasan rumah-rumah para bangsawan serta para pedagang yang berasal dari kerajaan. Namun sekarang menjadi pusat kerajinan perak terbesar di Ind...

MASJID BESAR KAUMAN

Sejarah kota Jogja memang tidak lepas dari sejarah Islam. Seperti salah satu peninggalan sejarah yang cukup di kenal oleh warga Yogyakarta, yaitu Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini di bangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I bersama dengan penghulu kraton pertama yaitu Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat. Masjid yang di arsiteki oleh Kyai Wiryokusumo ini sudah berusia berabad-abad. Tepatnya dibangun pada tahun 1773 Masehi.

Baca selengkapnya

BENTENG VREDENBURG

Jika berkunjung ke Jogja, khususnya Malioboro, traveller ketika berjalan menuju ke arah Keraton akan melewati sebuah bentengĀ  yang usianya lebih dari 2,5 abad dan masih berdiri kokoh di tengah kota Jogja. Benteng tersebut bernama Benteng Vredenburg. Vredenburg merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa traveller kunjungi untuk mengenal sejarah lebih dekat tentang perjuangan bangsa Indonesia melawan VOC.

Benteng yang berdiri sejak tahun 1760 tersebut merupakan pengaman Keraton Yogyakarta dan sekitarnya, meskipun tujuan sebenarnya adalah mengawasi Keraton Yogyakarta jika sang sultan menentang Belanda. Bahkan Lokasinya pun berada di jarak tembak meriam menuju keraton Yogyakarta. Sejak Indonesia merdeka Benteng Vredenburg berubah menjadi sebuah museum hingga sekarang dan sebagai salah satu destinasi wisata ketika berkunjun...

DAFTAR FOTO