Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

KLENTENG HOK AN KONG

Jawa Timur 2017-07-18 03:17:43

Klenteng merupakan tempat yang di gunakan untuk Ibadah masyarakat Tiong Hoa. Klenteng sendiri bisa di jumpai hampir di setiap kota besar di Indonesia. Namun perlu traveller ketahui, di Surabaya terdapat salah satu bangunan klenteng yang usianya sudah cukup tua, bahkan klenteng yang di beri nama Hok An Kiong merupakan klenteng tertua yang pernah di bangun di tahun 1830.

Klenteng Hok An Kiong pada masa lalunya merupakan bangunan yang di gunakan untuk para awak kapal untuk beristirahat sekaligus sebagai tempat mendarat para perantau yang berkunjung ke Surabaya. Saat ii Klenteng Hok An Kiong dijadikan sebagai tempat ibadah yang di gunakan bagi penganut Budha, Kong Hucu dan Tao. Selain sebagai tempat ibadah, traveller juga bisa mengunjungi klenteng ini untuk mengenal lebih jauh peradaban warga tiong hoa yang singgah di Surabaya.

Traveller bisa berkunjung ke Klenteng Hok An Kiong dengan rute yang cukup mudah, jaraknya pun tidak jauh dari House of Sampoerna di Surabaya yang cukup terkenal. Traveller bisa menuju ke klenteng ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan kendaraan uum traveller bisa melalui Terminal Bungurasih lalu naik angkuta dan berhenti di Jln Bubutan Surabaya. Lalu traveller jalan kaki atau naik becak sambil menikmati kota Surabaya melalui Jl Coklat. 

Nuansa merah mendominasi seluruh Klenteng Hon An Kiong. Ketika masuk ke wilayah Hok An kiong traveller akan disambut dengan ornament cantik berbingkai huruf China. Di pintu tersebut terdapat dua buath patung yaitu Oe Tie Keong dan Cin Siok Poo yang seolah menjaga pintu masuk Klenteng.

Klenteng yang di bangun oleh arsitek asli dari Tiongkok tersebut pada dindingya berlapis keramik yang di penuhi lukisan khas Tiong Hoa. Lukisan yang tergores di dinding tersebut mengandung cerita khusus.

Pada bagian belakang klenteng traveller juga bisa bertemu dengan Altar Dewa Kwan Kong. Beberapa kegiatan ritual seperti upacara sembayangan warga Tiong Hoas sering di lakukan disini. Beberapa ritual seperti Ritual Chi Swk Dai Sei yang dilaksanakan di altar Mak Co Po atau di pilar paling utama di tempat sembayang.

Menurut mereka warga yang sering beribatad di Klenteng ini Selain untuk bersembahyang, keberadaan Mak Co Po yang ada di Klenteng Hok An Kiong juga dipercaya membawa ketentraman dan kemakmuran bagi warga sekitar. Sehingga jika traveller ingin lebih merasakan atau melihat klenteng Hok An kiong lebih hidup maka datanglah pada waktu acara-acara hiburan menjelang Tahun Baru Imlek.

Foto Oleh : Emak Mbolang

LIHAT WISATA PROPINSI JAWA TIMUR

Wisata Terkait

Wisata Surabaya Jawa Timur

KOTA SURABAYA

Tampil 5 dari 5

HOUSE OF SAMPOERNA

Surabaya adalah kota pahlawan dan penuh dengan jejak sejarah. Banyak bangungan kolonial bekas penjajahan yang menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan serta traveller yang mengunjunginya. Salah satu bangunan bersejarah adalah Museum House of Sampoena yang terletak di kawasan jembatan merah Surabaya.

Di negeri Indonesia nama Sampoerna memang sudah tidak asing lagi, Sampoerna merupakan merk dagang rokok. Namun tidak hanya rokok saja yang di perdagangkan untuk bisnis. House of Sampoerna sendiri menyimpan sejarah tersendiri yang merupakan bangunan Museum.

Bagi traveller yang berkunjung ke Surabaya, tentunya tidak akan sempurna jika tidak mengunjungi House of Sampoerna ini. Bangunan bergaya kolonial belanda ini terdiri...

RUMAH BATIK JAWA TIMUR

Batik merupakan jenis pakaian yang saat ini sudah dikenal di seluruh dunia. Bahkan batik juga secara resmi diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Dulu batik hanya digunakan hanya sebagai pakaian seragam, upacara resmi dan hanya bisa dinikmati oleh beberapa kalangan tertentu saja. Namun kini batik menjadi salah satu trend fashion yang bisa dipadukan dengan beberapa corak lainnya. Bahkan beberapa motif batik tidak hanya menempel pada pakaian saja, akan tetapi juga termasuk sebagai wallpaper, sepatu, tas dan beberapa properti lainnya.

Di Surabaya terdapat rumah khusus yang di peruntukkan untuk batik yang sebelumnya berada di wilayah Jl. Tambak Dukuh I Kelurahan Ka...

KAMPUNG ARAB SURABAYA

Setiap kota pasti memiliki beberapa daerah di kampungnya yang sudah di huni oleh beberapa keturunan sejak jaman dulu. Surabaya misalnya, jika traveller pergi ke Surabaya tidak ada salahnya jika mampir ke sebuah kampung yang disebut dengan Kampung Arab. Kampung Arab di Surabaya memang tidak seperti kampung Arab pada umumnya. di Kampung Arab Surabaya traveller akan merasakan segala aktifitasnya sama seperti di timur tengah atau Mekah, terlebih disaat bulan Ramadhan atau hari-hari islam lainnya.

Untuk berkunjung ke Kampung Arab Surabaya, traveller bisa langsung menuju ke wilayah Ampel Surabaya atau ke Jl. Ampel Masjid 53 yang letaknya kurang lebih 10 Kilometer dari kota Surabaya. Kampung Arab Surabaya merupakan destinasi wisata religi, dimana dahulunya merupakan tempat Sun...

MONUMEN KAPAL SELAM

Surabaya memang di kenal sebagai kota Pahlawan. Banyak sekali sisa sisa perjuangan dan beberapa property perang yang ada disana. salah satu yang cukup terkenal adalah Monumen kapal Selam. Kapal Selam ini merupakan kapal selam asli yang pernah ikut dalam operasi trikora. Kapal Selam yang sekarang menjadi monument tersebut menjadi saksi sejarah ketika melawan belanda ketika di Irian barat.

Monkasel atau singatan dari Monumen Kapal Selam terletak di pusat kota Surabaya Jawa Timur. Untuk menuju monument ini cukup mudah, traveller bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika traveller dari luar kota, traveller cukup menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Gubeng. Di daerah tersebut tinggal bertanya lokasi dim...

KLENTENG HOK AN KONG

Klenteng merupakan tempat yang di gunakan untuk Ibadah masyarakat Tiong Hoa. Klenteng sendiri bisa di jumpai hampir di setiap kota besar di Indonesia. Namun perlu traveller ketahui, di Surabaya terdapat salah satu bangunan klenteng yang usianya sudah cukup tua, bahkan klenteng yang di beri nama Hok An Kiong merupakan klenteng tertua yang pernah di bangun di tahun 1830.

Klenteng Hok An Kiong pada masa lalunya merupakan bangunan yang di gunakan untuk para awak kapal untuk beristirahat sekaligus sebagai tempat mendarat para perantau yang berkunjung ke Surabaya. Saat ii Klenteng Hok An Kiong dijadikan sebagai tempat ibadah yang di gunakan bagi penganut Budha, Kong Hucu dan Tao. Selain sebagai tempat ibadah, traveller juga bisa mengunjungi klen...

DAFTAR FOTO

Tampil 15 dari 72
Tampil 15 dari 72