Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

MUSEUM WASAKA

Kalimantan Selatan 2017-06-28 00:15:52

Mengenang perjuangan para pahlawan terutama di daerah merupakan suatu pemberian kehormatan tersendiri bagi para pejuang jaman dulu. Salah satu cara untuk mengenang para perjuangan rakyat Kalimantan Selatan adalah berkunjung ke museum Wasaka, atau Waja Sampai Ka Putting yang merupakan motto dari perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Museum ini menceritakan mengenai perjuangan tiada henti dari rakyat Kalimantan selatan pada saat melawan Belanda danVOC.  Pada awalnya Museum Wasaka merupakan sebuah rumah tradisional yang dimiliki oleh pasangan pasutri bernama H Jailani dan Hjj Kamsiah, mereka dalah pasangan suami istri dari kaum bangsawa. Karena rumahnya yang tergolong spesial dan bertipe Bubungan Tinggi, untuk tetap utuh maka di alih fungsikan menjadi museum pada tahun 1991 supaya tetap terjaga keasliannya.

 

Didalam museum ini terdapat berbagai macam benda peninggalan sejarah peninggalan rakyat kalimantan. Untuk lebih mengenal sejarah dan budaya, traveller sangat direkomendasikan untuk mengunjungi museum ini. Beberapa daftar organisasi yang pernah berjuang menantang para penjajah ada disini. seperti Laskar Hasbullah yang dulu berada di martapura dan Barisan Pemuda yang semuanya pernah bermarkas di Banjarmasin.

Selain daftar para organisasi pejuang. Museum wasaka juga menyimpan beberapa benda kuno lainnya pada wakti itu seperti senapan, tombak, mortar, cermin mesin ketik hingga beberapa kursi yang pernah digunakan untuk rapat.

Untuk menuju kawasan Konservasi Museum Wasaka traveller bisa berkunjung ke Gang H Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara. Selain benda benda diatas ada beberapa pakaian dengan rajah dan tertulis dengan mantra-mantra tertentu yang dulunya pakaian ini konon kebal dari serangan musuh. Pakaian ini terdiri dari baju kaos, ikat kepala hingga babat.

 

Pakaian –pakaian tersebut sempat digunakan oleh para pahlawan kemerdekaan Kalsel yang di rajahkan. Konon para orang-orang seperti ulamalah yang member rajah ke pakaian-pakaian tersebut agar kebal dari serangan penjajah.

Perlu traveller ketahui, untuk mengunjungi lokasi Museum Wasaka kebanyakan para pengunjung lebih suka menggunakan alat transportasi sungai yang disebut dengan klotok karena museum ini terdapat dermaga didekatnya. Museum ini begitu ramai ketika hari libur atau di akhir pekan.

Foto Oleh : Suharyanto

LIHAT WISATA PROPINSI KALIMANTAN SELATAN

Wisata Terkait

PAKET KARIMUNJAWA 3 HARI 2 MALAM VIA BAHARI EXPRESS JEPARA

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING VIA BAHARI EXPRESS 27-29 JUNI 2022

Price : IDR900.000
Rp.930.000
Participant : 1

Wisata Banjarmasin Kalimantan Selatan

KOTA BANJARMASIN

Tampil 6 dari 7

PULAU SEBUKU

Sebuah pulau yang cukup unik di Kalimantan Selatan tepatnya di Kabupaten Kotabaru yang disebut dengan Pulau Sebuku. Pulau Sebuku dahulunya merupakan salah satu wilayah yang pernah di taklukan oleh kerajaan Majapahit. Meskipun Pulau Sebuku mempunyai luas hanya 225,5Km persegi, , namun pulau ini mempunyai sebuah pelabuhan, yaitu Pelabuhan Sungai Bali. Beberapa Potensi wisata dan perekonomian terdapat di Pulau Sebuku yang terletak di tengah-tengah NKRI antara Kalimantan dan Sulawesi ini.

Traveler yang ingin menuju ke Pulau Sebuku memang sedikit harus melalui dan transit di beberapa titik. Pertama harus melewati jalur darat dari kota Banjarmasin menuju Batu licin selama 12 jam, setelah itu traveler bisa naik kapal fery hingga menuju pelabuhan Tanjung Serdang, Kotabaru...

LOKSADO

Loksado merupakan sebuah desa terpencil yang berada di Kalimantan Selatan. Loksado berbeda dengan desa-desa pada umumnya. Desa ini mempunyai keindahan alam dengan nuansa perbukitan yang begitu indah. Lokasinya yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, menjadikan Loksado menjadi kawasan destinasi wisata untuk para traveller.

Loksado juga merupakan salah satu tempat tinggal dimana suku Dayak berada. Sehingga traveller yang mengunjungi desa Loksado bisa belajar dan menambah pengetahuan tentang kehidupan suku Dayak secara langsung.

Untuk menuju Desa Loksado memang tidak seperti desa-desa pada umumnya, sangat jarang sekali angkutan umum yang bisa mengakses langsung ke Loksado. Pada umumnya harus menggunakan mobil pribadi atau menyewa mobil. Selama p...

JEMBATAN BARITO

Borneo atau biasa disebut dengan Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang memiliki puluhan sungai pulau besar dan panjang. Salah satu sungai tersebut adalah Sungai Barito yang membentang di Propinsi Kalimantan Selatan tepatnya di Kota Banjarmasin. Di Sungai Barito inilah terdapat sebuah jembatan yang cukup terkenal yang di beri nama jembatan Barito.

Jembatan Barito sendiri mempunyai panjang lebih 1000 meter. Jembatan tersebut melintasi beberapa wilayah mulai dari Sungai Barito, Pulau Bakut . Jembatan ini merupakan satu satunya akses jalan trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju Palangkaraya. Dengan ketinggian sekitar 15 hingga 18 meter, bagian bawah jembatan barito biasa digunakan untuk lalu lintas perairan kapal-kapal yang lewat di bawahnya.

MUSEUM WASAKA

Mengenang perjuangan para pahlawan terutama di daerah merupakan suatu pemberian kehormatan tersendiri bagi para pejuang jaman dulu. Salah satu cara untuk mengenang para perjuangan rakyat Kalimantan Selatan adalah berkunjung ke museum Wasaka, atau Waja Sampai Ka Putting yang merupakan motto dari perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Museum ini menceritakan mengenai perjuangan tiada henti dari rakyat Kalimantan selatan pada saat melawan Belanda danVOC.  Pada awalnya Museum Wasaka merupakan sebuah rumah tradisional yang dimiliki oleh pasangan pasutri bernama H Jailani dan Hjj Kamsiah, mereka dalah pasangan suami istri dari kaum bangsawa. Karena rumahnya yang tergolong spesial dan bertipe Bubungan Tinggi, untuk tetap utuh maka di alih fungsikan menjadi museum pada tahun 1...

TAMAN SIRING MARTAPURA

Ingin wisata kuliner dengan berbagai macam jajanan yang di jual?. Bagi traveller pecinta kuliner tentunya hal ini cukup menarik. seperti yang terdapat di tepi sungai Martapura tepatnya di Jl Kapten Pierre Tendean Banjarmasin, terdapat sebuah taman yang di tumbuhi berbagai macam pepohonan dengan angin sepoy-sepoy, suasana teduh dan tempat yang tepat digunakan untuk menghabiskan waktu sambil bercengkrama sambil menikmati jajanan yang di sajikan oleh pera pedagang kuliner di sekitar tempat tersebut.

Perlu traveller ketahui bahwa Taman Siring merupakan wisata baru  di tepian sungai Martapura, tapatnya di Jl Jendral Sudirman, Banjarmasin Kalimantan Selatan. Taman Siring sendiri lokasinya tepat di depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Ketika traveller berada di Taman Sira...

TAMAN MASKOT

Banjarmasin, yang identik dengan kota penuh sungai, hutan dan hewan primatanya yaitu Bekantan. Untuk itu di pusat kota Banjarmasin terdapat salah satu pusat rekreasi yang biasa digunakan oleh para orang tua untuk mengajak putra putrinya di taman yang bernama Taman Maskot Banjarmasin.

Sesuai dengan namanya yaitu Maskot, di taman ini terdapat dua patung yang menjadi icon Banjarmasin atau Kalimantan selatan yaitu patung Bekantan Hitam yang merupakan hewan primate khas Kalimantan dan Patung pahatan pohon Kesturi yang merupakan mangga kecil khas Kalimantan Selatan.

Meskipun sebenarnya diperuntukkan untuk anak-anak, namun orang tua dan traveller yang sedang berkunjung kesini juga bisa menikma...

DAFTAR FOTO