Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

PROPINSI KALIMANTAN SELATAN
WISATA MUSEUM WASAKA

Mengenang perjuangan para pahlawan terutama di daerah merupakan suatu pemberian kehormatan tersendiri bagi para pejuang jaman dulu. Salah satu cara untuk mengenang para perjuangan rakyat Kalimantan Selatan adalah berkunjung ke museum Wasaka, atau Waja Sampai Ka Putting yang merupakan motto dari perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Museum ini menceritakan mengenai perjuangan tiada henti dari rakyat Kalimantan selatan pada saat melawan Belanda danVOC.  Pada awalnya Museum Wasaka merupakan sebuah rumah tradisional yang dimiliki oleh pasangan pasutri bernama H Jailani dan Hjj Kamsiah, mereka dalah pasangan suami istri dari kaum bangsawa. Karena rumahnya yang tergolong spesial dan bertipe Bubungan Tinggi, untuk tetap utuh maka di alih fungsikan menjadi museum pada tahun 1991 supaya tetap terjaga keasliannya.

 

Didalam museum ini terdapat berbagai macam benda peninggalan sejarah peninggalan rakyat kalimantan. Untuk lebih mengenal sejarah dan budaya, traveller sangat direkomendasikan untuk mengunjungi museum ini. Beberapa daftar organisasi yang pernah berjuang menantang para penjajah ada disini. seperti Laskar Hasbullah yang dulu berada di martapura dan Barisan Pemuda yang semuanya pernah bermarkas di Banjarmasin.

Selain daftar para organisasi pejuang. Museum wasaka juga menyimpan beberapa benda kuno lainnya pada wakti itu seperti senapan, tombak, mortar, cermin mesin ketik hingga beberapa kursi yang pernah digunakan untuk rapat.

Untuk menuju kawasan Konservasi Museum Wasaka traveller bisa berkunjung ke Gang H Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara. Selain benda benda diatas ada beberapa pakaian dengan rajah dan tertulis dengan mantra-mantra tertentu yang dulunya pakaian ini konon kebal dari serangan musuh. Pakaian ini terdiri dari baju kaos, ikat kepala hingga babat.

 

Pakaian –pakaian tersebut sempat digunakan oleh para pahlawan kemerdekaan Kalsel yang di rajahkan. Konon para orang-orang seperti ulamalah yang member rajah ke pakaian-pakaian tersebut agar kebal dari serangan penjajah.

Perlu traveller ketahui, untuk mengunjungi lokasi Museum Wasaka kebanyakan para pengunjung lebih suka menggunakan alat transportasi sungai yang disebut dengan klotok karena museum ini terdapat dermaga didekatnya. Museum ini begitu ramai ketika hari libur atau di akhir pekan.

Foto Oleh : Suharyanto

LIHAT WISATA PROPINSI KALIMANTAN SELATAN

Wisata Terkait

PAKET KARIMUNJAWA 3 HARI 2 MALAM VIA BAHARI EXPRESS JEPARA

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING (VIA BAHARI EXPRESS) 07-09 DESEMBER 2018

Price : IDR850.000
Rp.880.000
Participant : 2

KEPULAUAN DERAWAN BERAU 4 HARI 3 MALAM

KEPULAUAN DERAWAN BERAU 13-16 DESEMBER 2018

Price : IDR1.780.000
Rp.1.830.000
Participant : 2

KEPULAUAN DERAWAN BERAU 27-30 DESEMBER 2018

Price : IDR1.880.000
Participant : 4

KEPULAUAN DERAWAN AND LABUAN CERMIN WITH WHALESHARK 4 HARI 3 MALAM

KEPULAUAN DERAWAN AND LABUAN CERMIN WITH WHALESHARK 04-07 APRIL 2019

Price : IDR2.550.000
Rp.2.650.000
Participant : 2

EKSOTIS SUMBA 4 HARI 3 MALAM

EKSOTIS SUMBA 29 DESEMBER 2019-01 2019

Price : IDR2.100.000
Participant : 1