Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

DANAU KAOLIN

Kepulauan Bangka Belitung 2017-11-28 04:00:06

Kabupaten Bangka, selain dikenal dengan Bangka Belitung juga dikenal dengan danaunya yang begitu indah berwarna biru dan hijau tosca yang sangat memuakau kepada siapapun traveller yang berkunjung ke danau tersebut. Danau Kaolin atau lebih dikenal sebagai Camoi Aek Biru terletak di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan. Danau ini terletak kurang lebih 50 Kilometer dari Pangkal Pinang.

Setelah sampai di Danau Kaolin, tentunya traveller akan merasa takjum. Birunya yang berkilauan membuat air danau ini seperti air laut. Danau Kaolin sendiri ada dua tempat, yang satu berwarna biru dan seberangnya lagi berwarna hijau tosca. Jika traveller pernah ke Kelimutu dengan danaunya yang mempunyai warna berbeda tentunya tidak usah jauh-jauh kesana. Karena Danau Kaolin seperti replica atau versi mininya Kelimutu.

Jika dilihat dari terjadinya danau ini, Wilayah di Danau Kaolin sebenarnya memang tidak ada. Dulunya adalah bekas galian tambang yang semakin lama membesar dan akhirnya tidak digunakan lagi. Air hujanlah yang membasahi cekungan danau tersebut dan akhirnya menjadi sebuah danau yang saat ini digunakan sebagai tempat wisata karena keindahan airnya.

Keindahan danau kaolin memang begitu mempesona, sepanjang mata memandang terdapat timbunan-timbunan galian seperti bukit di sekitar danau. Sekilas seperti kawah. Jika air tidak sedang pasang atau musim kemarau. Ditengah danau tampak sebuah daratan yang seakan akan menghubungkan antara dua ujung danau tersebut.

Keadaan air danau kaolin juga termasuk aman, karena ini bukan berupa kawah. Banyak masyarakat sekitar terutama anak-anak menggunakan air danau Kaolin untuk bermain dan mandi. Danau Kaolin memang tidak menyajikan air danau saja, akan tetapi pemandangan yang begitu indah dan sangat cocok untuk obyek fotografi professional.

Tempatnya yang indah dan sepi membuat pasangan muda juga sering melakukan prewed dilokasi ini. Sangat di rekomendasikan para traveller mengunjungi danau kaolin ketika pagi hari atau senja. Selain tidak panas, suasana langit pun tampak indah. Namun jangan heran jika mengunjungi kaolin di siang hari. Cuaca panas akan menyengat, karena disekitar lokasi danau tidak ada pepohonan.

Foto Oleh : Katalog Wisata

LIHAT WISATA PROPINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Wisata Terkait

Wisata Belitung Kepulauan Bangka Belitung

KOTA BELITUNG

Tampil 6 dari 10

PULAU BURUNG

Pulau Burong atau yang dikenal dengan Pulau Burung merupakan salah satu tempat terindah di Belitung. Pulau Burung terletak di pantai Utara Belitung di lepas pantai desa nelayan Tanjung Binga. Luas pulau ini kurang lebih 2 hektar, dikelilingi pasir putih yang lembut dan bebatuan granit yang tersebar di laut sekitar pulau dan di pantai.

Di Pulau Burung ini ada keunikan, yaitu di salah satu bibir pantainya terdapat bongkahan bebatuan granit yang menyerupai seekor burung, sehingga pulau ini dinamai oleh masyarakat sekitar dengan nama Pulau Burung. Pantai-pantai yang ada di sekitar batu berpasir putih halus. Pemandangannya indah dan suasananya hening, cocok buat melepas penat selama sepekan bekerja.

Disekitar pantai Pulau Burung ini terdapat beberapa bungalow yang bisa kita gunakan untuk beristirahat ...

DANAU KAOLIN

Kabupaten Bangka, selain dikenal dengan Bangka Belitung juga dikenal dengan danaunya yang begitu indah berwarna biru dan hijau tosca yang sangat memuakau kepada siapapun traveller yang berkunjung ke danau tersebut. Danau Kaolin atau lebih dikenal sebagai Camoi Aek Biru terletak di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan. Danau ini terletak kurang lebih 50 Kilometer dari Pangkal Pinang.

Setelah sampai di Danau Kaolin, tentunya traveller akan merasa takjum. Birunya yang berkilauan membuat air danau ini seperti air laut. Danau Kaolin sendiri ada dua tempat, yang satu berwarna biru dan seberangnya lagi berwarna hijau tosca. Jika traveller pernah ke Kelimutu dengan danaunya yang mempunyai warna berbeda tentunya tidak usah jauh-jauh kesana. Karena Danau Kaolin seperti...

PULAU LENGKUAS BELITUNG

Selain Pantainya yang indah, Tanjung Tinggi dan Batu Berlayar, Belitung mempunyai Pulau yang dipenuhi oleh batu granit lainnya, yaitu Pulau Lengkuas. Traveler bisa menuju ke Pulau ini hanya dengan berjalan kaki melintasi laut dangkal yang kedalamannya kurang dari 1,2 meter. Secara struktur batu granitnya sangat unik. Pulau Lengkuas memang benar-benar tidak seperti Pulau pada umumnya yang hanya ada pasir putih dan pohon.

Letak Pulau Lengkuas memang tidak terlalu jauh dari pulau-pulau yang ada di Kepulauan Belitung seperti Pulau Pasir, Batu Garuda dan Pulau Batu Berlayar. Uniknya lagi pulau ini terdapat mercusuar tua yang pernah dibangun oleh Belanda pada tahun 1882. Mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau lengkuas.

Traveler juga bisa naik menuju puncak mercusuar, untuk menikmati pemandangan pan...

UNIKNYA PULAU BATU BERLAYAR DI BELITUNG

Bagi Traveler, Belitung merupakan salah satu tujuan wisata dengan pantainya yang unik. Salah satu yang menarik dan harus dikunjungi di daerah Belitung adalah Pulau Batu Berlayar. Pulau Batu Berlayar Belitung merupakan susunan dua batu  dengan ukuran sangat besar dan berdiri vertical yang berada di pulau pasir putih.

Batu Berlayar Belitung terletak di pulau kecil yang ukurannya hampir sama dengan lapangan tenis. Pulau Batu Berlayar merupakan salah satu tempat unik yang berada di Pantai Tanjung Kelayang. Apa bila traveler ingin berkunjung dan melihat unik dan indahnya Batu Berlayar Belitung bisa ditempuh waktu kurang lebih 15 menit dari pelabuhan Tanjung kelayang.

Tidak seperti pantai biasanya yang hanya hamparan pasir putih, traveler akan sangat takjub jika pergi ke Batu Berlayar ini. Traveler akan di d...

GUROK BERAYE, PESONA AIR TERJUN DI GUNUNG TAJAM BELITUNG

Meskipun disebut dengan kepulauan Belitung, di daerah ini mempunyai gunung atau orang sekitar menyebutnya bukit tertinggi di Pulau Belitung yang disebut dengan istilah “Gunung Tajam”. Di bukit ini lah terdapat wisata tersembunyi yang traveler wajib mengunjunginya. Selain traveler bisa melihat panorama pulau Belitung dari bukit tersebut, traveler juga bisa menikmati keindahan air terjun atau curug yang warga sekitar memberinya nama  “Air Terjun Gurok Beraye”. Air terjun ini terletak di ketinggian 300 mdpl.

Ketika berkunjung disini traveler akan di sambut dengan kicauan burung yang berada di pepohonan. Melihat seperti ini traveler akan benar-benar merasakan alam bebas, dan tentunya akan membuang semua rasa penat. Bagi traveler yang berag...

JEJAK LASKAR PELANGI DI TANJUNG TINGGI BELITUNG

 

Kecantikan pantai di wilayah Belitung Sumatera memang tidak di ragukan lagi. Salah satu yang menjadi kebanggaan warga masyarakat Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini berlokasi kurang lebih 30 kilometer dari Tanjung Pandan yang menjadi ibu kota Kabupaten Belitung. Jika traveler pernah tau filim Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Pantai ini adalah pantau yang pernah dijadikan syuting film yang sempat populer dan terkenal  novelnya. Tak jarang jika para traveler domestic menyebutnya Tanjung Belitung ini adalah Pulau Laskar Pelangi.

Kecantikan dan pesona Tanjung Tinggi merupakan daya tarik tersendiri. Hamparan pasir yang berwarna putih terang dan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan seakan akan menambah kecantikan dari pantai ini. Tentunya sangat direkomendasikan untuk para travele...

DAFTAR FOTO