Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

MUSEUM TSUNAMI ACEH

Nanggroe Aceh Darussalam 2017-10-05 05:26:46

Traveller tentunya masih teringat kejadian Tsunami Aceh di tahun 2004 yang menyebabkan korban ratusan ribu orang. Sebagai peringatan sekaligus monumen, di aceh terdapat museum untuk bencana gempa bumi yang juga sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat jika suatu saat tsunami terjadi lagi.

Museum yang di rancang langsung oleh Ridwal Kamil yang saat ini menjabat sebagai walikota Bandung , mempunyai luas 2500 meter persegi yang terdiri dari empat lantai. Untuk menuju ke museum tsunami, traveller bisa berkendara di wilayah Sukaramai, Baiturrahman kota Banda Aceh. Museum ini tepatnya terletak di jalan Sultan Iskandar Muda No 3

Pertama kali ke dalam museum tsunami, traveller akan memasuki lorong gelap gelombang tsunami dengan ketinggian 40 meter yang disampingnya terdapat efek air jatuh. Disini traveller harus memakai topi lebar atau pelindung seperti jaket supaya tidak terkenal air secara langsung di kepala. Museum ini dibuat sepertni ini supaya pengunjung bisa merasakan seperti apa tsunami waktu itu.

Lorong sengaja dibuat gelap, setelah itu traveller akan meliha beberapa standing screen yang berisi foto-foto pasca tsunami mulai dari kehancuran, kematian dan penuh dengan gambar korban dan foto saat mereka mendapat bantuan. Pada dinding museum juga terdapat gambar penari Saman yang merupakan tarian khusus tentang kekuatan, disiplin dan religius Aceh.

Pada bagian atap traveller juga akan melihat atapnya yang membentuk gelombang laut dan bertuliskan Allah diatasnya. Sedangkan pada lantai dasarnya dirancang mirip rumah panggung tradisional aceh yang selamat dari terjangan gelombang tsunami. Selain itu traveller juga bisa melihat nama-nama korban yang namanya tercantum di dinding museum.

 

Setelah keluar dari lorong, traveller akan melihat jembatan di tengah-tengah bangunan dasar museum yang disebut dengan Jembatan Harapan. Traveller akan melihat bendera 52 negara yang pernah mengulurkan bantuan untuk warga aceh.

 

Selain itu traveller juga akan diajak menuju film Tsunami yang di putar kurang lebih selama 15 menDi sini anda akan di sambut dengan pemutaran film tsunami selama 15 menit dari gempa terjadi, saat tsunami terjadi hingga saat pertolongan datang. Di dalam museum ini traveller jg bisa melihay beberapa Artefak mengenai miniaut tsunami seperti orang-orang yang sedang menangkap ikan di laut dan berlarian menyelamatkan diri saat gelombang melebihi datang. Gambaran artefak tersebut sungguh akan mengingatkan traveller akan sunami tahun 2004. Banyak di lukiskan tentang bangunan rumah bersama penduduk nya yang porak-poranda oleh gempa sebelum datang air bah datang.

LIHAT WISATA PROPINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM

Wisata Terkait

PAKET BELITUNG ISLAND LASKAR PELANGI 3 HARI 2 MALAM

TRIP BELITUNG LASKAR PELANGI 14-16 AGUSTUS 2020

Price : IDR1.250.000
Participant : 1

Wisata Banda.Aceh Nanggroe Aceh Darussalam

KOTA BANDA ACEH

Tampil 5 dari 5

TAMAN SARI GUNONGAN

Wilayah aceh merupakan wilayah yang penuh dengan peninggalan sejarah. Salah satu peninggalah sejarah yang cukup terkenal adalah Taman Sari Gunongan dan Ghairah. Taman Sari ini terletak di pusat kota Banda Aceh, tepatnya di depan kantor balaikota Banda Aceh, tepatnya terletak di sebelah kiri masjid Baiturrahman.

Taman Sari Gunongan ini merupakan peninggalah dari kerajaan Aceh, Bagi traveller pecinta sejarah tentunya akan suka akan bangunan yang pernah di bangun oleh Sultan Iskandar Mudah yang pernah memerintah di tahun 1607-1636. Menurut sejarahnya, taman sari ini di buat untuk memenuhi keinginan sang permaisuri yang berasal dari kerajaan Pahang yang meminta untuk di buatkan sebuah taman yang indah yang dugunakan permaisuri tersebut untuk menghibur diri.

Gunongan dan kompleks Taman Ghairah dirancang oleh para ahli yang paham dengan seni bangunan. Ahli bangunan berasal dari dua neger...

TAMAN PUTRI PAHANG

Aceh merupakan bagian Indonesia di ujung barat yang mempunyai sejarah islam tersendiri. Aceh yang di kenal dengan Nangroe Aceh Darussalam, merupakan bekas kerajaan. Salah satu peninggalan yang sampai saat ini di kenal sebagai destinasi wisata adalah Taman Putri Pahang. Taman ini merupakan taman yang pernah didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada abad ke 16 sebagai bentuk kecintaan kepada permaisurinya Puti Pahang yang berasal dari Malaysia.

Untuk menuju Taman Putrie P...

MASJID RAYA BAITURAHMAN ACEH

Aceh, yang di kenal sebagai serambi mekah merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang sangat di istimewakan. Propinsi yang penduduknya menganut agama islam ini mempunyai Masjid yang sangat bersejarah. Selain sebagai tempat ibadah umat muslim, masjid yang juga di jadikan sebagai tempat wisata sekaligus peninggalan sejarah ini menyimpan cerita tersendiri dan sangat di rekomendasikan bagi traveller yang melakukan perjalanan religi.

Masjid Baiturrahman sendiri dibangun pada tahun 1022 oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Ala atau sekitar 1612 masehi. Masjid ini menjadi saksi sejarah hingga jamam penjajahan dan sekarang. Sempat juga masjid yang berdiri kokoh ini juga di bakar dalam jaman Belanda.

Masjid yang men...

MUSEUM NEGERI ACEH

 

Berkunjung ke Museum bagi sebagian traveller adalah suatu hal yang menarik, khususnya bagi traveller yang ingin mengenal lebih tentang sejarah. Salah satu museum yang wajib traveller kunjungi ketika pergi ke aceh adalah Museum Negeri Aceh. Museum aceh atau yang lebih di kenal dengan Rumoh Atjeh merupakan bagunan tradisional berbentuk rumah panggung dan mempunyai cirri khas seperti rumah-rumah di wilayah sumatera pada umumnya.

Museum yang saat ini diberi nama Museum Negeri Aceh ini didirikan pada tahun 1915 oleh Gubernur Sipil dan Militer Aceh Jendral H.N.S Swart dan dikepalai oleh FW Stameshaus sekaligus kurator museum ini hingga tahun 1931.

Ketika traveller ke museum ini. Museum ini merupakan sebuah rumah tradisional aceh yang keberadaannya masih tetap di perhankan. Bangunan berbentuk kayu ini juga bisa dibongkar pasang secara fleks...

MUSEUM TSUNAMI ACEH

Traveller tentunya masih teringat kejadian Tsunami Aceh di tahun 2004 yang menyebabkan korban ratusan ribu orang. Sebagai peringatan sekaligus monumen, di aceh terdapat museum untuk bencana gempa bumi yang juga sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat jika suatu saat tsunami terjadi lagi.

Museum yang di rancang langsung oleh Ridwal Kamil yang saat ini menjabat sebagai walikota Bandung , mempunyai luas 2500 meter persegi yang terdiri dari empat lantai. Untuk menuju ke museum tsunami, traveller bisa berkendara di wilayah Sukaramai, Baiturrahman kota Banda Aceh. Museum ini tepatnya terletak di jalan Sultan Iskandar Muda No 3

Pertama kali ke dalam museum tsunami, traveller akan memasuki lorong gelap gelombang tsunami den...

DAFTAR FOTO