Ke halaman /

CAGAR ALAM TANGKOK DUASAUDARA

Kekayaan akan cagar alam di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Cagar Alam Gunung  Tangkoko Batuangus atau disebut dengan Cagar Alam Tangkoko Duasaudara merupakan salah satu destinasi wisata para traveler untuk melihat hewan primate seperti Monyet Hitam dan Tarsius. Cagar Alam Tangkoko Duasaura selain sebagai pusat perlindungan flora fauna juga terdapat kawasan wisata yang disebut dengan Batuputih.

Menurut sejarahnya Gunung Tangkoko adalah gunung stratovolcano di Sulawesi Utara, Puncak gunung Tangkoko ini memiliki kawah vulkanik. Di lereng timur terdapat kubah lava Batu Angus. Berdasarkan catatan sejarah, letusan terjadi hanya sekali ketika abad kesembilan belas.

Kawasan Cagar Alam Tangkoko Bersaudara sendiri merupakan daerah yang berbukit dan terdiri dari hutan, baik di daerah dataran rendah, pegunungan hingga pantai. Dikawasan ini juga terdapat dua puncak gunung, ya...

PULAU LIHAGA

Keindahan Indonesia timur, khususnya tanah Minahasa menyimpan secuil keindahan dari surga. Sebut saja Pulau Lihaga yang terletak di kawasan Minahasa Utara, Sulawesi Utara tepatnya di Kecamatan Likupang , Manado. Pulau ini hanya mempunyai luas kurang lebih 8 hektar dan bisa di tempuh sekitar  3 jamdari kota Manado lalu melalui Pelabuhan Serei yang terletak di Likupang. Dari Pelabuhan Serei itulah traveler bisa menyewa perahu nelayan untuk menyebrang kurang lebih 15 menit perjalanan laut.

Pulau Lihaga merupakan pulau tak berpenghuni yang di hampiri oleh gulungan ombak yang besar. Disinilah traveler bisa melihat pemandangan lepas pantai yang indah yang menjadi unggulan wisata masyarakat Minahasa. Tak mau kalah dengan Bali dan pantai-pantai Indah lainnya, di Pulai Lihaga juga terdapat beberapa permainan laut yang dikelola masyarakat setempat sehingga membuat kunjungan traveler lebih seru.

Baca selengkapnya

SUNGAI RANOPAYO

Membicarakan wisata alam di Indonesia memang tiada habisnya, apalagi berbicara mengenai wisata air. Indonesia memiliki sungai-sungai yang cukup banyak mulai dari sabang sampai merauke. Khususnya di wilayah Manado atau Sulawesi Utara, terdapat salah satu sungai yang terkenal yaitu Sungai Ranopayo. Sungai ini merupakan sungai yang terkenal di Sulawesi Utara untuk olahraga arung jeram. 

Sungai Ranopayo sendiri memiliki panjang mencapai hampir 50km. jadi jika traveler ingin arung jeram disini memerlukan waktu seharian untuk menempuh dan berpetualangan disini. Sungai Ranopayo juga merupakan sungai terbersih karena keasriannya dan belum tercemar. Beberapa lokasi sungai disini digunakan operator untuk arung jeram.

Traveler bisa mengarungi sungai dengan level-level yang berbeda, terdapat 6 tingkatan arung jeram di sungai Ranopayo. Traveler bisa menggunakan beberapa jasa professional atau operator yang berpengalaman untuk mengarungi beberapa aliran sungai di Ranopayo. Se...

PANTAI LIKUPANG

Pantai Likupang adalah kawasan wisata yang cukup terkenal di Sulawesi Utara. Pantai Likupang terletak di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Berjarak 50 kilometer di sebelah timur laut Kota Manado. Pantai Likupang merupakan pantai yang memiliki pemandangan cukup indah, baik di darat maupun di dalam lautnya.

Setiap musim liburan tiba, pantai ini akan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Berbagai kegiatan bisa kita lakukan disini, seperti berjemur, berenang dibibir pantai, foto-foto dan snorkeling.

Di kawasan Pantai Likupang ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai. Banyak berdiri penginapan-penginapan dari yang termurah sampai yang termahal. Ada juga restoran-restoran yang menyediakan berbagai menu seafood yang lezat dan menu makanan khas Sulawesi Utara.

...

TAMAN NASIONAL BUNAKEN

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang berada di Sulawesi Utara. Taman ini didirikan pada tahun 1991 dan memiliki luas sekitar 75.000 hektare. Ada lima pulau besar yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bunaken ini yaitu pulau Bunaken, pulau Nain, pulau Manado Tua, pulau Siladen, pulau Mantehage dan beberapa anak pulau dari pulau Mantehage.

Secara geografis Taman Nasional Bunaken dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian selatan dan bagian utara. Bagian selatan seluruhnya terdiri dari daerah pesisir antara desa Popareng dan desa Poopoh yang disebut Pesisir Arakan-Wawontulap. Sedangkan bagian utara meliputi lima pulau dan daerah pesisir antara Tiwoho hingga Molas yang disebut Pesisir Molas-Wori. Di wilayah ini, terdapat 22 desa dengan jumlah penduduk kurang lebih 35 ribu jiwa. Penduduk wilayah ini mayoritas adalah petani dan nelayan, tetapi ada juga yang berprofesi di bidang pariwisata.

Taman Nasional Bunaken terletak di Segitiga Terumbu Karang, oleh sebab itu d...

DANAU LINOW

Danau Linow merupakan sebuah objek wisata alam yang berlokasi di kawasan Tomohon, Sulawesi Utara. Tepatnya di Desa Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon. Objek wisata ini terletak kurang lebih 28 kilometer dari Kota Manado.

Danau Linow mempunyai kemiripan dengan Danau Tiga Warna yang berada di Gunung Kelimutu. Warna permukaan air danaunya berubah ubah. Kombinasi antara ganggang hijau yang hidup di dasar danau ditambah dengan komposisi belerang inilah yang kemungkinan besar mempengaruhi warna permukaan air danau ini bisa berubah-ubah. Hal ini menjadi keunikan tersendiri dari Danau Linow dibandingkan danau-danau yang ada di seputaran Sulawesi Utara.

Di Danau Linow ini selain pemandangan alamnya yang indah, juga terdapat satwa-satwa yang jarang di jumpai di tempat lain, seperti burung blibis dan serangga yang oleh penduduk setempat dinamakan ‘sayok’ atau ‘komo’. Serangga unik ini hidup di air tetapi memiliki sayap dan bisa terbang.

DAFTAR FOTO