Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

WISATA KARST MAROS

Sulawesi Selatan 2016-11-03 00:00:00

Karst Maros Pangkep, merupakan salah satu dari Taman Nasional Bantimurung, Nulusaraung yang terletak tepatnya di desa Salenrang , Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 40 Km ke arah utara kota Makasar, kami Tim Wisatakita melakukan perjalanan jalur darat dipagi hari ditambah dinginnya udara pagi.

 Didekat Kars Maros terdapat objek wisata alam yang bisa ditemukan di sekitar Marsos. Yaitu Telaga Bidadari , Taman Hutan Batu Kapur, Gua Pasaung, Gua Bulu Barakka dan wisata Sungai Pute beserta Kampung Berua. Seteah sampai di Pelabuhan kecil kami menyewa perahu untuk pulang-pergi. Selama 30 menit perjalanan dengan menggunakan perahu tersebut terdapat pegunungan kars yang menjulang ke atas langit, melewati sungai , terowongan, dan bebatuan kapur yang ada disekitarnya. Tebing-tebing karst menjulang tinggi membentuk gugusan pegunungan batu gamping adalah suatu fenomena alam yang menakjubkan. Selama ini mungkin kita tahu keunikan tersebut hanya ada di Cina Selatan atau di Madagaskar.

Kawasan Kars yang terletak di Kabupaten Maros dan berbatasan dengan Kabupaten Pangkep ini mempunyai luas sekitar 40 ribu hektar. Bentuk yang unik beberapa jajaran batu dan pegunungan kapur seperti  menara yang menjulang tinggi. Walaupun menyimpan begitu banyak eksotisme dan keunikan, kawasan ini belum terlalu dikenal masyarakat sebagai suatu destinasi wisata. Padahal karst ini berada di sekitar pinggiran jalan trans sulawesi sehingga cukup mudah diakses, jika ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota Makassar.

Selain jajaran bebatuan yang menjulang tinggi, disana kami juga melihat berbagai fauna seperti monyet hitam, tarsius, ratusan jenis kupu-kupu dan beberapa mahluk hidup lainnya yang berada didalam goa. Bahkan didalam goa terdapat juga sumber mata air dan beberapa aliran sungai bawah tanah.

Perjalanan kmipun harus melewati beberapa bukit, dan ada beberapa tambak ikan serta terowongan batu yang bisa dilewati dengan jalan setapak. Ada sebuah telaga juga diantara pegunungan kapur tersebut yang biasa disebut oleh masyarakat telaga bidadari yang airnya sangat jernih dan berdampingan dengan batu kapur yang tersusun rapi.

Air jernih dan segar yang di hasilkan dari telaga bidadari ini juga sebagai sumber mata air tawar bagi penduduk setempat, konon menurut cerita penduduk setempat, tempat ini adalah tempat yang digunakan untuk mandi para bidadari, sehingga tempat ini disebut dengan telaga atau Taman Bidadari.

Foto : Makasarinfo

 

LIHAT WISATA PROPINSI SULAWESI SELATAN

Wisata Terkait

PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA KMP SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 21-24 DESEMBER 2019

Price : IDR878.000

PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA BAHARI EXPRESS-SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 03-06 DESEMBER 2019

Price : IDR881.000
Rp.911.000

PAKET KARIMUNJAWA 3 HARI 2 MALAM VIA BAHARI EXPRESS-SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING (VIA BAHARI EXPRESS-KAPAL FERY) 22-24 NOPEMBER 2019

Price : IDR816.000
Rp.846.000

PAKET KARIMUNJAWA 3 HARI 2 MALAM VIA BAHARI EXPRESS JEPARA