BENTENG VASTENBURH

Jika berkunjung ke kota Solo, khususnya di kawasan Gladak traveller akan melihat sebuah benteng dengan bangunan arsitektur belanda yang sudah lama di bangun sejak tahun 1745. Benteng ini berfungsi sama seperti yang berada di Jogja kawasan Malioboro, yaitu untuk mengawasi penguasa Surakarta yang berada di tengan keraton Surakarta.

Berbeda dengan Vedenburg yang berada di Jogja yang cukup terawat. Vastenburg yang berada di Solo merupakan bengkel yang tampak terbengkalai dan tidak terawat. Bahkan Vastenberg sendiri sempat di perdebatkan masalah lahan kepemilikannya. Meskipun seperti itu Vastenburg tetap menjadi kebanggaan warga kota Solo, dan Pemerintah tetap memperhatikan untuk perawatannya.

Untuk menuju Benteng Vastenberg, cukup mu...

TAMAN HUTAN RAYA NGARGOYOSO

Taman Hutan Raya, atau sering disebut dengan Tahura memang terdapat di berbagai macam tempat. Salah satunya adalah yang terdapat di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Terletak di lereng Gunung Lawu,  Taman Hutan Raya Karanganyar berada di kecamatan Ngargoyoso. Taman Hutan Raya ini merupakan warisan dari salah satu petinggi Keraton  yaitu KGPAA Mangkunegoro I yang saat ini di jadikan sebagai pelestariaan alan baik flora maupun fauna.

Bagi traveller yang ingin mengunjungi Tahura Karanganyar. traveller tinggal pergi ke kawasan Ngargoyoso Karanganyar yang letaknya tidak jauh dari wisata Tawangmangu. Disekitar lokasi juga terdapat objek-objek wisata lainnya seperti Candi Sukuh, Candi Cetho dan beberapa air terjun. Setelah sampai di kecamatan Ngargoyoso, b...

PASAR MALAM NGARSOPURO

Siapa yang tak kenal kota Solo, kota yang penuh dengan budaya dan mirip dengan Jogja. Dunia Malam di kota Solo tidak ada habisnya, khususnya setiap malam minggu. Setiap malam minggu tiba kota Solo di ramaikan dengan salah satu obyek wisata yang terletak di sepanjang ruas Jalan Diponegoro atau didepan Pasar Triwindu. Pasar Malam Ngarsopuro merupakan pasar yang menjajakan dan menjual berbagai macam hasil kreasi warga .

Sejak 2008, Pasar Ngarsopuro mulai didirikan dengan menata beberapa kios yang dulunya kurang rapid an di sulap oleh pemerintah Surakarta menjadi pasar malam yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Untuk mengunjungi pasar Ngarsopuro, traveller harus berkunjung di akhir pekan, karena pasar ini memang bukanya ketika akhir pekan (malam minggu). Traveller bisa melihat puluhan tenda yang berjajar dari ujung Jl.Diponegoro...

PASAR GEDE HARDJONAGORO

Jika berkunjung ke Solo, belum lengkap rasanya jika traveller belum mengunjungi Pasar Gede Hardjonagoro. Pasar yang pernah di bangun pada tahun 1929 menyimpan banyak sejarah. Bangunan yang pernah di arsiteki warga keturunan Belanda Thomas Karsten menyimpan banyak kuliner yang cukup terkenal.

Untuk menuju Pasar Gede Solo cukup mudah, traveller tinggal melakukan perjalanan kea rah Jl Jendral Sudirman atau disebrang Balaikota Surakarta inilah Pasar Gede Berada. Didekat Pasar Gede terkenal akan perkampungan warga keturunan Tiong Hoa atau Pecinan. Banyak sekali para pedagang keturunan Tiong Hoa yang berjualan di Pasar Gede.

Bagi traveller pecinta kuliner khususnya yang ingin merasakan kuliner khas Solo yang legendaris, traveller bisa berjalan-jalan...

CURUG LAWE

Semarang, selain di kenal dengan kota Atlas,  ternyata menyimpan beberapa tempat wisata alam yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Curug Lawe yang merupakan air terjun dengan pemandangan alam yang begitu indah. Traveller bisa melihat secara langsung melihat sebuah air terjun yang jatuh pada cekungan dengan aliran air yang cukup deras.

Curug Lawe sendiri namanya di ambil dari bahasa jawa yang yaitu “selawe” yang artinya adalah angka 25. Konon air terjun Curug Lawe sendiri berjumlah 25 buah, bayangkan saja traveller, betapa banyaknya air terjun yang berada di lereng Gunung Ungaran ini. Ada juga yang mengatakan bahwa Lawe berarti benang putih, karena menurut orang sekitar dan traveller yang pernah kesini, pemandangan air terjun yan...

SENDANG BIDADARI BATURRADEN

Sendang Bidadari atau biasa disebut dengan Curug Lawang, merupakan air terjun yang terletak di Banyumas. Obyek wisata ini menawarkan kolam dengan air terjun yang sungguh menawan. Terletak di wilayah Baturaden, Curug Lawang mulai dikenal sebagai obyek destinasi wisata baru yang lokasinya cukup tersembunyi sejak tahun 2015.

Untuk menuju ke sendang Bidadari traveller cukup melakukan ke kawasan wisata Curug Telu yang terletak di desa Karangsalam, Baturraden, Banyumas. Traveller bisa melakukan perjalanan dari Purwokerto dengan berkendara menuju baturraden. Ketika sudah sampai di lokasi wisata, sebaiknya mempersiapkan bekal untuk trekking menuju Sendang Bidadari. Sebelum sampai pada lokasi, traveller akan memasuki wilayah Sendang B...

DAFTAR FOTO