PANTAI SARWANA

Pantai Sarwana merupakan salah satu objek wisata yang mulai dikembangkan di Provinsi Banten. Pantai ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kawasan wisata ini menyajikan pantai yang landai dan hamparan pasir putih.

Selain menyajikan pantai yang landai, Pantai Sawarna ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Deburan ombak dan pasir putihnya menambah eksotisnya kawasan wisata ini. Pantai Sarwana dikelilingi oleh persawahan dan perbukitan dengan pepohonan hijau yang lebat, menambah suasana menjadi teduh dan asri.

Daya tarik dari pantai ini tidak hanya pantainya saja, tetapi juga gua-gua yang terdapat di sekitar pantai. Gua-gua ini mempunyai varian yang sangat beraneka, mulai yang mudah dimasuki sampai gua yang terlarang untuk dimasuki. Gua-gua yang terdapat di sekitar pantai ini antara lain Gua Sikadir, Gua Lalay, Gua Cimaul dan Gua Singalong.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan di pantai ini, seperti berenang di...

TAMAN NASIONAL UJUNG KULON

Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah tempat untuk perlindungan satwa-satwa asli dari Indonesia yang terancam punah, seperti Badak Jawa. Taman ini terletak dibagian paling barat Pulau Jawa dan mempunyai luas sekitar 1.122.956 Hektar. Terdapat tiga tipe ekosistem di taman nasional ini yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem daratan dan ekosistem rawa.

Terdapat kurang lebih 700 jenis tumbuhan yang terlindungi dengan baik dan 57 jenis diantaranya langka seperti: bungur ( Lagerstroemia speciosa ), ki hujan ( Engelhardia serrata ), merbau ( Intsia bijuga ) dan berbagai macam jenis anggrek.

Di Ujung Kulon ini juga terdapat beberapa jenis satwa yang terdiri dari 240 jenis burung, 72 jenis insekta, 59 jenis reptilian, 35 jenis mamalia, 22 jenis amfibia, 5 jenis primate, 142 jenis ikan dan 33 jenis terumbu karang. Selain badak jawa, di Taman Nasional Ujung Kulon ini juga mempunyai hewan langka yang juga dilindungi seperti banteng jawa ( Bos javanicus javanicus ), ajag ( C...

PULAU UMANG

Pulau Umang merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Pandeglang, Banten. Nama Pulau Umang diberikan karena di pulau ini banyak terdapat binatang umang ( hermit crab ), yaitu sejenis binatang yang memiliki cangkang mirip keong.

Berbagai aktifitas dapat dilakukan di pulau ini, seperti berenang di tepi laut, snorkeling di spot-spot terumbu karang yang beranekaragam, berperahu dan berselancar. Selain itu para wisatawan juga dapat berenang di kolam renang air tawar yang ada di pinggir pantai.

Pulau ini memiliki pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk, pepohonan yang hijau dan hamparan pasir putih yang cocok bagi para wisatawan yang suka berjemur di tepi pantai. Daya tarik dari pulau ini tidak hanya itu saja, pesona matahari tenggelam ( sunset ) di pantai juga menjadi merupakan salah satu daya tarik yang dapat dinikmati oleh wisatawan di pulau ini.

Pulau ini memang tidak besar, hanya mempunyai luas sekitar 5 hektar, tetapi fasilitas yang tersedia c...

DAFTAR FOTO