KOTA BENGKULU

AIR TERJUN DATAR LEBAR

Bengkulu memang surganya Air Terjun, salah satu propinsi yang berada di pulau Sumatera ini menyimpan beberapa objek wisata alam yang sangat di rekomendasikan untuk para traveller pecinta wisata petualang.  Salah satu air terjun dengan keindahan yang tersembunyi di balik hutan belantara adalah Air Terjun Datar Lebar. 

Terletak di Desa Lebar Propinsi Bengkulu, untuk menuju Air Terjun ini para traveller harus membutuhkan tenaga ekstra. Akses menuju ke lokasi Air Terjun Datar Lebar terlihat cukup sulit. Untuk menuju ke lokasi ini juga dapat menggunakan kendaraan roda dua dengan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih dua jam dari Bengkulu menuju Desa Lebar dengan jalan beraspal. Setelah sampai di Desa Lebar traveller bisa me...

DANAU GEDANG

Kabupaten Bengkulu memang terkenal dengan berbagai macam obyek wisatanya, baik wisata bahari hingga wisata alam. Salah satu obyek wisata yang bisa traveller kunjungi di desa Padang Betuah, Kabupaten Bengkulu adalah Danau Gedang. Danau Gedang sangat dikenal oleh masyarakat lokal yang ingin menikmati pemandangan danau dan bersantai di sore hari.

Untuk menuju ke Danau Gedang, traveller bisa melakukan perjalanan kurang lebih sekitar 25 kilometer dari Kota Bengkulu. Traveller bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk menuju ke lokasi Danau Gadang. Setelah sampai di desa Padang Betuah, traveller harus melanjutkan perjalanan ke danau sejauh kurang lebih tiga kilometer dari jalan propinsi.

Kawasan Danau gedang masih terlihat alami. Belum banyak fasilitas y...

DANAU MAS HARUN BASTARI

Salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi ketika ke Kota Bengkulu adalah Danau Mas Harun Bastari yang mempunyai keindahan cukup menakjubkan berupa panorama yang indah dan danau yang di kelilingi oleh barisan bukit-bukit. Tepatnya berada di Selupung Rejang yang merupakan kabupaten Rejang Lebong Danau Mas Harun bisa di tempuh kurang lebih berjarak 95 Kilometer dari pusat Bengkulu. Lokasinya masih dekat dengan Curup Lubuk. Dari jalan rayapun traveller bisa melihat dengan jelas Danau Mas Harun Bestari ini. Lokasinya 17 km dari kota Curup atau sekitar 25 Km dari Lubuk Linggau Sumatera Selatan.

Danau yang mempunyai luas 3600 Ha ini merupakan kawasan Otorita yang diperuntukkan Khusus untuk Wisata. Danau tersebut mudah dijangkau oleh roda dua maupun roda empa. Trave...

PANTAI TAPAK PADERI

Foto Oleh : Armand Priyoga Pangestu 

Pesona Alam Bengkulu juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi mulai dari alamnya hingga wisata Baharinya. Salah satu pantai yang menjadi kebanggaan masyarkat Bengkulu adalah pantai yang menawarkan pesona alam dan langsung berhadapan dengan samudra hindia, yaitu Pantai Tapak Paderi. Disisi keindahan alamnya, Pantai Tapak Paderi juga menjadi saksi bisu sejarah, karena sejak jaman kependudukan Inggris, pantai ini merupakan pelabuhan utama untuk berdagang yang juga terletak Benteng Marlborough di dekatnya.

Bagi traveller yang ingin mengunjungi Pantai Tapak paderi bisa melakukan perjalanan dari terminal pemandangan Bengkulu dengan maenaiki...

MONUMEN PARR

Foto Oleh : Indonesia.Travel

Monumen Parr atau disebut dengan Tugu Thomas Parr merupakan sebuah monument yang di anggap sebagai cagar budaya yang terletak di Bengkulu. Monumen ini adalah sebuah Monumen yang di dedikasikan untuk Thomas Parr, seorang warga Inggris di Bengkulu yang terbunuh di tahun 1807.

Terletak di Jalan Ahmad Yani, atau tepatnya di Subdistrik Kampung Cina Bengkulu. Tugu Thomas Parr ini cukup mudah di akses oleh para traveller yang menyukai wisata sejarah. Lokasinya yang mudah di akses dan hanya berjarak 170 meter dari Benteng Marlborough yang pernah menjadi bekas benteng pertahanan Inggris tersebut.

Tugu yang berbentuk octagonal dengan luas sekitar 70...

MAKAM INGGRIS BENGKULU

Photo Oleh : Winny Marlina

Photo Oleh : Winny Marlina

Peninggalah Eropa di Indonesia memang cukup banyakm sejak Belanda menjajah negeri ini kurang lebih 350 tahun lamanya. Namun ternyata tidak hanya Belanda, Inggris pun pernah menginjakkan kaki di Indonesia kurang lebih 140 tahun lamanya banyak orang-orang inggris yang pernah tinggal di Indonesia khusunya di daerah Jitra Bengkulu. Beberapa diantaranya meninggal dunia dikarenakan penyakit malaria dan disentri,  serta tewas dalam peperangan dan konflik oleh masyarakat Bengkulu waktu itu. Oleh karena itu di salah satu kawasan Jitra Bengkulu terdapat pemakaman Inggris yang menjadi monumen dan dijadikan salah satu tempat wisata sekarang.

Baca selengkapnya

DAFTAR FOTO