Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

KAMPUNG BATIK KARANGTURI

Jawa Tengah 2019-06-13 08:11:35

Kampung Batik Karangturi

Lasem, merupakan salah satu wilayah yang terletak di daerah Rembang. Wilayah Lasem juga terkenal dengan kawasan pecinan dan kota Batik dari jaman penjajahan Belanda sejak tahun 1860an.  Sejak abad ke 18 itulah masyarakat Lasem mulai memproduksi batik yang kebanyakan di produksi oleh warga keturunan Tiong Hoa yang berada di rembang. Bahkan seiring dengan waktu, Lasem menjadi Kota Batik yang produksinya terkenal hingga mancanegara, terutama di Malaysia dan Singapura.

Sejarah mencatat  bahwa kedatangan Na Li Ni si putri Campa bersamaan dengan sang suami, Bi Nang Un, yang merupakan anggota ekspedisi Laksamana Cheng Ho (1405-1433). Beberapa anak buah Laksamana Cheng Ho memutuskan untuk menetap di Lasem. Di antara yang menetap itu adalah Na Li Ni dan Bi Nang Un. merekalah orang yang memperkenalkan teknik membatik pada abad 15 di Lasem, hingga mencapai masa keemasan perusahaan batik Lasem yang dibangun oleh orang-orang Cina Lasem mulai 1860-an.

Salah satu kampung yang ada di Lasem dan sangat terkenal adalah  Kampung Karangturi, Disinilah traveller akan menemukan puluhan rumah berarsitektur Tionghoa yang sudah ada sejak tahun 1700-an yang masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Beberapa bangunan tersebut masih mempertahankan keasliannya, meskipun banyak juga yang sudah di renovasi menjadi bangunan lebih modern. Di Karangturi inilah banyak sekali sejarah dan  riwayat kampung Tionghoa di kota Lasem. Rata-rata gaya arsitekrut rumah disini mempunyai tembok tinggi dengan pintu berbahan kayu yang besar.

Di antara rumah-rumah yang dikelilingi tembok tersebut merupakan rumah penghasil batik pesisiran dengan warna-warni. Rumah-rumah warga Tionghoa di Karangturi tersebut bukan sekedar tempat tinggal, tetapi sekaligus juga pabrik bagi industri batik Lasem yang terkenal pada masanya.

Jika traveller berkunjung ke Karangturi Lasem, akan menemukan motif batik yang sedikit berbeda di bandingkan dengan batik yang ada di Pekalongan maupun Solo. Motif batik Lasem lebih ke motif simbolik tradisi Cina. Seperti motif naga lambang kekuatan keagungan, motif phoenix sebagai lambang kecantikan, atau motif bunga-bunga lambang keindahan dan kesejahteraan. Namun saat ini beberapa motif sudah bercampur dengan suasana lokal seperti Terdapat juga penambahan motif lokal seperti fauna flora laut dan motif lokal lainnya

foto oleh : rambutkriwil.com

 

LIHAT WISATA PROPINSI JAWA TENGAH

Wisata Terkait

PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA KMP SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 21-24 DESEMBER 2019

Price : IDR878.000

PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA BAHARI EXPRESS-SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 03-06 DESEMBER 2019

Price : IDR881.000
Rp.911.000

PAKET KARIMUNJAWA 3 HARI 2 MALAM VIA BAHARI EXPRESS-SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING (VIA BAHARI EXPRESS-KAPAL FERY) 22-24 NOPEMBER 2019

Price : IDR816.000
Rp.846.000

PAKET KARIMUNJAWA 3 HARI 2 MALAM VIA BAHARI EXPRESS JEPARA