10 Destinasi Wisata Sepanjang Jalur Pantura yang Akan Bikin Mudik mu Semakin Asik

Ditulis Oleh Dhanang Sukmana Adi | Visitor 735 (07 Juni 2019)

Mudik sudah menjadi kebiasaan bagi warga Negara Indonesia, Mudik atau dikenal dengan kependekan dari “Mulih Dilik” atau berarti pulang sebentar merupakan tradisi pulang ke kampung halaman masing-masing saat Lebaran tiba.

Selama liburan atau mudik, selain bertemu orang tua atau saudara dikampung halaman tentunya juga di manfaatkan para pemudik untuk pergi ke destinasi wisata selama liburan. Nah, berikut adalah beberapa destinasi wisata sepanjang Jalur Mudik Pantura yang bisa di sambangi saat di kampung halaman

Terasering Argopuro Majalengka


Foto : instagram.com/iqbal_264

Pertama adalah Terasering Argopuro Majalengka, jika traveller sudah pernah ke Ubud, Bali. Tentunya model sawah berundak ini sudah tidak asing lagi. Terutama pegunungan yang hijau, dengan hamparan rumput atau sawah yang tersusun rapi.

Wilayah tersebut berada di daerah Panyaweuyan Argopuro, Majalengka, Jawa Barat.  Jika traveller mempunyai kampung halaman didekat sini, tidak ada salahnya jika mampir untuk menikmati suasana alam Terasering Argopuro Majalengka.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Terasering Argopuro Majalengka adalah sebelum matahari terbit atau setelah subuh, disinilah keindahan dari perbukitan yang dulunya terjal dan curam dirubah menjadi beberapa tanaman pokok yang hijau seperti bawang daun, padi, ubi jalar, bawang merah.

Guci Tegal


Foto : cirebonbandung.blogspot.com

Bagi masyarakat asli tegal tentunya destinasi wisata Guci Tegal sudah tidak asing lagi, destinasi wisata yang masih berkaitan erat dengan zaman Wali Songosaat menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah ini juga bisa menjadi pilihan wisata saat mudik atau melewati daerah tegal..

Untuk melepas lelah saat mudik, tidak ada salahnya jika traveller mampir di Guci Tegal hanya untuk menikmati pemandian air panas dengan berendam. Selain berendam dan melepas lelah,  Ada dua pemandian umum, yaitu Pancuran 13  dan Pancuran 7. Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran tersebut dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit semisal rematik dan penyakit-penyakit kulit.

Traveller juga bisa menikmati pesona keindahan alam khas daerah pegunungan yang berada di lereng gunung Slamet tersebut. Beberapa pemandangan alam seperti hamparan kebun buah strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus akan memanjakan mata saat akan menuju ke wisata pemandian Guci Tegal.

Lawang Sewu Semarang


Foto : intagram.com/fachreizy

Bagi traveller yang mudik ke Semarang, Lawang sewu merupakan salah satu bangunan kuno favorit yang bisa di kunjungi. Lawang Sewu yang merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan jaman belanda ini pernah di bangun sejak tahin 1904.

Lawang Sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Meskipun terkenal akan angker dan horror, Lawang Sewu tetap menjadi wisata favorit untuk sekedar berfoto di setiap bilik pintu yang jumlahnya begitu banyak.

Brown Canyon


Foto : instagram.com/trapel.oka

Masih di sekitar kota Semarang, selain berfoto di Lawang Sewu, traveller juga bisa mampur di Grand Canyonnya Semarang, yaitu Brown Canyon. Wilayah yang tekstur tanahnya mirip di Amerika Serikat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk berfoto dengan latar belakang menyerupai Grand Canyon yang berada di Amerika Serikat.

Untuk meuju lokasi tersebut saat mudik, traveller bisa menuju wilayah sebelah selatan TVRI Jawa Tengah – Pucang Gading Mranggen, disinlah terdapat tebing-tebing tinggi yang sekilas menyerupai Grand Canyon. Bagi pemudik penyuka fotografi, Brown Canyon sangat cocok untuk hunting foto.

Brown Canyon menjadi sebutan populer dari tampat yang berada di Rowosari Kecamatan Tembalang, Kota Semarang ini. Disarankan untuk berkunjung ke lokasi yang sebenarnya bekas penambangan ini pada saat pagi atau sore hari, dimana cuaca tidak terlalu panas.

Lasem Tiongkok Kecil Rembang


Foto : instagram.com/degisa_journey

Ingin merasakan hidup dan tidur serasa di negeri tirai bambu? Jika traveller mudik melewati daerah Rembang, inilah saat yang tepat untuk merasakan keindahan wilayah pecinan. Tepatnya di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem Rembang, para pemudik bisa menikmati dan melihat langsung bangunan rumah warga Tionghoa di Tiongkok Kecil Hertiage Lasem.

Bangunan tersebut bahkan disewakan untuk beristirahat berikut sarapan paginya layaknya hotel pada umumnya. Bangunan kuno peninggalan warga Tionghoa pada sekitar abad XVIII ini, pengunjung juga bisa menemukan berbagai macam benda kuno seperti lemari dari kayu berukirkan 6 dewa dan sejarah Tiongkok yang usianya sekitar 166 tahunan. Bahkan sumur kerek, yang cara mengambil airnya dengan cara menimba juga.

Pantai Bandengan


Foto : youtube.com/user/danyarsidad

Pantai merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan Destinasi Wisata untuk melepas lelah. Selain bisa menikmati keindahan alamnya berupa air Laut, Pasir dan sekelilingnya, Pantai yang ada saat ini tentunya memiliki fasilitas lain yang tidak kalah menarik.

Bagi para pemudik yang bosan akan wilayah pegunungan bisa mengunjungi Pantai Jepara sebagai alternatif wisata pantai di pantai Utara, Beberapa aktifitas liburan lebaran bisa dinikmati di Pantai  yang memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang. Bahkan traveller bisa menyebrang ke Pantai Panjang Jepara dengan menggunakan perahu yang disewa.

Bahkan di sepajang pantai ini traveller bisa bermain berbagai permainan yang disediakan, mulai dara banana boat, menyewa perahu untuk menuju ke tengah lautan. Tak kalah uniknya dengan makanan khas seafood hingga bandeng yang juga di jual disepanjang jalan di tepi pantai tersebut.

Pulau Panjang Jepara


Foto : murianews.com

Pulau Panjang Jepara terletak di seberang kabupaten Jepara dengna jarak kurang lebih hanya 2 kilometer .Traveller bisa menyewa perahu dan menyebrang ke Pulau tersebut dengan menyewa perahu nelayan. Keunikan dari pulau tersebut adalah terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon Kapuk randu, Asam jawa, Dadap, serta Pinus.

Kebun Teh Kemuning


Foto : intagram.com/ethnictraveler

Rindu dengan suasana sejuk saat berkunjung di Kota Solo? Kebun Teh kemuning adalah destinasi yang bisa di kunjungi. Destinasi wisata ini terletak kurang lebih 25 km sebelah timur kota Solo atau di Kabupaten Karanganyar.

Terletak di lereng gunung lawu, para traveller dan pemudik yang berada di kota Solo biasanya mengambil liburan atau mampir di Kebuh Teh Kemuning. Hawa yang dingin dan sejuk sangat cocok untuk liburan keluarga saat mudik lebaran bersama keluarga.

Selain cocok dan menarik sebagai lokasi foto, di sekitar kebun teh kemuning banyak sekali warung atau resto yang menawarkan hidangan teh khas kemuning serta menu gorengan yang hangat. Menu tersebut sangat cocok dinikmati sembari melihat hamparan hijau perkebunan the yang terletak di  Ngargoyoso, Kemuning, Kabupaten Karanganyar

Gunung Bromo Probolinggo

Siapa yang tidak tau Gunung terindah di Pulau Jawa, bahkan gunung ini juga dikenal oleh masyarakat penjuru dunia. Bagi traveler nama Bromo tentunya sudah tidak asing lagi. Gunung yang terletak di Jawa Timur tepatnya meliputi beberapa kabupaten seperti Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang ini tergolong gunung berapi yang masih aktif dan sangat cocok sebagai siapapun pemudik yang pulang kampung di wilayah tersebut.

Bromo adalah wisata gunung yang setiap hari selalu dikunjungi para traveler dari berbagai kota baik lokal maupun mancanegara. Berbagai pemandangan indah disajikan melalui kawasan wisata Bromo, traveler bisa mengabadikan momen yang mungkin tidak setiap hari bisa didapatkan disini. Seperti matahari yang bersinar dipagi hari dengan pemandangan latar belakang Gunung Semeru yang mengeluarkan asap. Di Kawasan pegunungan Tengger tersebut, para traveller dan pemudik bisa mengunjungi beberapa gunung sekaligus seperti gunung semeru, batok dan tengger.

Taman Nasional Baluran Banyuwangi


Foto : cdn.brilio.net

Bagi traveller serta pemudik yang pulang kampung ke Banyuwangi, wajib nih untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran yang bisa dikatakan afrikanya Pulau Jawa. Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur.

Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Disinilah traveller dan pemudik bisa menikmati  Taman nasional yang terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Taman yang wilayahnya cukup luas ini bisa di nikmati dengan menggunakan motor atau mobil pribadi, untuk berkunjung disini disarankan para traveller dan pemudik harus membawa bekal yang cukup. Karena wilayahnya yang cukup luas dan mirip sabana di afrik, sehingga jarang sekali di temui fasilitas umum di Taman Nasional Baluran tersebut.


BAGIKAN
Facebook StumbleUpon Digg Twitter Delicious Reddit Technorati Mixx Linkedin
Related Blog Posts

    Wisata Bromo

    Wisata Bromo | Gunung Bromo, gunung api berketinggian 2.392 meter ini adalah gunung yang masih aktif dan di kelilingi lautan pasir seluas sepuluh meter kilometer persegi. Gunung ini telah meletus beberapa kali, yang terakhir terjadi pada bulan November tahun 2010 sampai bulan Januari 2011. Letak Gunung Bromo berada di Provinsi Jawa Timur dan berada dalam empat wilayah pemerintahan yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lum

    Selengkapnya

    Makan Khas Dan Oleh - Oleh Wisata Gunung Bromo

    Wisata Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemandangan yang eksotis dan pesona lautan pasirnya mampu membuat para wisatawan berdecak kagum. Untuk menuju lokasi pun mudah. Anda bisa menggunakan paket travel, mobil pribadi, maupun mobil sewaan di sewa mobil Surabaya Gunung Bromo juga tak lepas dari wisata kuliner atau makanan khas daerah dan oleh-oleh. Seperti halnya daerah lain, keeksoti

    Selengkapnya

    Yuk ngintip daftar long weekend dan referensi wisata di tahun 2018!

    Ga terasa nih sudah mau akhir tahun... Pasti banyak di antara kalian yang bahkan dari sekarang sudah merencanakan liburan bareng keluarga, sahabat, atau bahkan pasangan untuk tahun depan. Memang lebih tepat jika agenda wisata direncanakan jauh-jauh hari. Selain kalian bisa hunting tiket murah dan mulai saving dana, banyak banget promo paket liburan yang ditawarkan kalo kalian pesan dari sekarang. Destinasinya? Jangan kuatir, wisatakita menawarkan banyak pi

    Selengkapnya

    Investor Siap Tambah Armada ke Karimunjawa

    Gagasan Bupati Jepara Drs. Hendro Martojo MM terkait penambahan armada kapal jalur Jepara - Karimunjawa menemuai titik terang, Jumat (5/8) sebuah perusahaan pelayaran PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur bersedia memberikan investasi sebuah Kapal Motor Cepat (KMC) Ekspress Bahari untuk jalur penyebarangan Karimunawa. Dengan adanya penambahan kapal swasta ini, semakin membuka akses wisatawan ke Karimunjawa.     Marketing PT. Pelayaran Sak

    Selengkapnya

    Kepulauan Karimunjawa

    Karimun berasal dari bahasa Jawa yaitu kremun yang artinya kabur atau samar-samar. Diberi nama tersebut karena kepulauan ini terlihat samar-samar dari Pulau Jawa yang disebabkan letaknya yang cukup jauh dari Pulau Jawa. Untuk mencapai Karimunjawa memakan waktu sekitar 4 sampai 6 jam dari daratan Pulau Jawa dengan menggunakan Kapal Motor Cepat dari Semarang atau Jepara. Rasanya, cocok dengan namanya, karena memang memakan waktu yang cukup lama untuk tiba di

    Selengkapnya

    Semua Tentang Belitung Island

    Kepulauan Belitung   Batas Proinsi Kepulauan Bangka Belitung mempunyai batas wilayah :   Sebelah utara dengan Laut Natuna. Sebelah timur dengan Selat Karimata. Sebelah selatan dengan Laut Jawa. Sebelah barat dengan Selat Bangka. Foto : http://4.bp.blogspot.com/_K1ZoH00jjc8/TOtC3uZ7LnI/AAAAAAAAAy0/Ii4L8C0N8Eg/s200/Belitung+Island.png Pembagian administrati Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbagi atas tujuh da

    Selengkapnya

    Berkah Pelestarian Alam Fabulous Karimunjawa

    Tidak diragukan lagi, alam Indonesia merupakan anugerah yang luar biasa dari sang pencipta. Gunungnya, pantainya,lembahnya, hutannya  semuanya  memiliki  keindahan dan daya tarik yang dapat memukau siapa pun yang melihatnya. Kekayaan akan flora dan faunanya pun sudah  tidak diragukan lagi. Lalu bagaimana  kita  harus menjaga, melestarikan, dan mengolah keindahan alam tersebut agar menjadi sesuatu yang berharga dan patut un

    Selengkapnya

    Desa Nyamuk akhirnya mandiri di Karimunjawa

    Kabupaten Jepara telah memiliki Desa Nyamuk. Namun Anda jangan berfikir bahwa itu adalah desa milik serangga penghisap darah tersebut. Meski namanya Desa Nyamuk, tapi seperti desa lainnya  yang telah ada,  bakal desa  tersebut juga  berpenduduk manusia. Desa  Nyamuk akan menggenapi jumlah desa dan kelurahan di Jepara menjadi 195 buah. Bakal desa baru ini terletak di Kecamatan Karimunjawa. Menurut Bupati Jepara Drs. Hendro Martojo, MM, Desa Nyamuk adalah sebuah desa baru

    Selengkapnya

    Gedung Lawang Sewu Menjadi Sub Destinasi Wisata Semarang Karimunjawa

    SEMARANG – Di Provinsi Jawa Tengah, ada empat destinasi wisata yang telah ditetapkan oleh Kementerian  Kebudayaan dan Pariwisata RI menjadi Destinasi Utama Nasional, yaitu: Destinasi Wisata Borobudur – Dieng, Destinasi Wisata Semarang – Karimunjawa, Destinasi Wisata Solo – Sangiran, dan Destinasi Wisata Cilacap – Pangandaran. Masing-masing destinasi wisata, saat ini sudah, sedang, dan terus dilakukan penataan sub-sub destinasi wisata, termasuk Gedung Lawang S

    Selengkapnya

    Tangkahan, Potensi Ekowisata Sumatera Barat

    Tangkahan adalah sebuah kawasan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Diapit oleh Desa Namo Sialang dan Desa Sei Serdang, Tangkahan menawarkan pemandangan yang spektakuler dan udara segar yang menyejukkan. Dulu, illegal loging merupakan pendapatan utama bagi masyarakat di hutan Tangkahan. Begitu besarnya pendapatan tersebut sampai mereka mengabaikan perkebunan mereka. Namun, semakin lama keamanan hutan dan usah

    Selengkapnya

    Wisata Pantai Werur

    Pantai werur merupakan salah pantai di papua barat yang juga menyiapkan keindahan untuk tujuan wisata pantai . Pantai ini belum begitu familiar diindonesia karena pantai belum memiliki fasilitas penunjang yang memadai sehingga belum banyak para pecinta wisata pantai yang melancong kesini . Walaupun tidak begitu terkenal seperti pantai yang ada di pantai lainnya tetapi pantai werur menjamin kepuasan tersendiri bagi para pecinta wisata pantai karena panta

    Selengkapnya

    KMP Muria di ganti KMP Siginjai Jepara - Karimunjawa hanya 4 jam

    Tak lama lagi kapal motor penumpang (KMP) Muria bakal digantikan KMP Siginjai. Itu artinya, waktu tempuh Jepara – Karimunjawa dapat lebih cepat, dari 7 jam kini menjadi 4 jam. Pasalnya, kapal yang didatangkan dari Sibolga, Sumatera Utara ini memiliki ukuran dan tenaga lebih besar dari KMP Muria. General Manager ASDP Jepara, Zulkifli, ditemui di kantornya menjelaskan, tidak hanya lebih tinggi kecepatannya, KMP Siginjai juga memiliki bobot lebih

    Selengkapnya
PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA KMP SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 26-29 AGUSTUS 2019

Price : IDR768.000
Rp.808.000

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 31 AGUSTUS-03 SEPTEMBER 2019

Price : IDR778.000
Rp.808.000

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 14-17 SEPTEMBER 2019

Price : IDR778.000
Rp.808.000

PAKET KARIMUNJAWA 4 HARI 3 MALAM VIA BAHARI EXPRESS-SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING 03-06 DESEMBER 2019

Price : IDR881.000
Rp.911.000

PAKET KARIMUNJAWA 3 HARI 2 MALAM VIA KMP SIGINJAI

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING (VIA KMP SIGINJAI) 20-22 SEPTEMBER 2019

Price : IDR727.000
Rp.757.000

PAKET KARIMUNJAWA 3 HARI 2 MALAM VIA BAHARI EXPRESS JEPARA

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING (VIA BAHARI EXPRESS) 26-28 AGUSTUS 2019

Price : IDR880.000
Rp.910.000

KARIMUNJAWA WEEKLY ADVENTURING (VIA BAHARI EXPRESS) 06-08 SEPTEMBER 2019

Price : IDR880.000
Rp.910.000

KEPULAUAN DERAWAN BERAU 3 HARI 2 MALAM

KEPULAUAN DERAWAN BERAU 29-31 AGUSTUS 2019

Price : IDR1.550.000
Rp.1.600.000

PAKET GILI TRAWANGAN LOMBOK 4 HARI 3 MALAM

EXPLORE GILI TRAWANGAN LOMBOK 11-14 OKTOBER 2019 6 ORANG PRIVATE

Price : IDR1.670.000
Rp.1.720.000

SAILING KOMODO EKSKLUSIF 4 HARI 3 MALAM

KOMODO 4 HARI 3 MALAM 29 AGUSTUS-01 SEPTEMBER 2019

Price : IDR3.500.000
Rp.3.550.000